Kapolda Sumsel Pimpin Gelar Opsnal TW.II TA. 2023 di Tanjung Enim

Berita Utama697 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id -Gelar Operasional (Gelar Opsnal) TW II TA 2023 dengan Tagline “Peran Polda Sumatera Selatan Dalam Penanganan Massa (Crowd Management) Guna Terwujudnya Kamtibmas Menjelang Pilkada Serentak di Provinsi Sumatera Selatan” Merupakan kegiatan yang berlangsung di Gedung Rechall PT Bukit Asam Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim pada Jumat kamrin ( 28 Juli 2023).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK, MIK didampingi oleh Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Zulkarnain, SIK, MSi serta diikuti oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Sumsel dan Kapolres/ta Jajaran.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Kapolda Sumsel dilanjutkan dengan paparan Karo Ops Polda Sumsel, Dir Intelkam Polda Sumsel, Karo Rena Polda Sumsel, Kabid Keu Polda Sumsel, Jukrah PJU dan Polres Jajaran Polda Sumsel dan penyampaian Irwasda Polda Sumsel
Wakapolda Sumsel dalam acara Gelar Opsnal berikan penekanan untuk
Kasus Curat agak tinggi, agar para Kapolres mengetahui masyarakat memiliki Profesi apa, jangan sampai beralih Profesi, agar siasati dengan dinamika masyarakat
Terkait Lakalantas agar jangan sampai Polres tidak melaporkan secara utuh
laporan Laka, karena anev tidak akan tajam baik dari segi tempat, korban dan
pelaku.

Baca Juga  Polda Sumsel dan Jajaran Akan Gelar Operasi Kepolisian Sikat Musi-2024

ETLE: banyak sekali pengendara motor tidak pakai helm, dan tidak pakai Plat
nomor/pakai yang palsu (sudah paham dengan mekanisme ETLE) Agar dilakukan pengawasan dan penggalangan dalam memanfaatkan aplikasi Bantuan Polisi (Banpol).
Terus tingkatkan keimanan dan ketaqwaan, agar wejangan dari pimpinan dilaksanakan.

Sementara itu Kapolda Sumsel menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan massa dan Kamtibmas menjelang Pilkada Serentak di Provinsi Sumatera Selatan.

Penggalangan Isu Intoleransi agar tidak berkembang dan memicu konflik di masyarakat.

Sikap Humanis terhadap Masyarakat: Seluruh personil diharapkan bersikap humanis dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat, serta menghindari ucapan yang bersifat provokatif.

Baca Juga  Penyulingan Minyak Mentah di Babat Tomat Di Tertibkan Tim Gabungan

Netralitas Tahun Politik, dalam menghadapi tahun politik 2024, seluruh personil dilarang berpihak atau membantu politisi dari partai manapun, termasuk memasang spanduk atau melakukan dukungan politik lainnya.

Penegakan Hukum Secara Persuasif dan Humanis: Kapolda mendorong penegakan hukum yang persuasif dan humanis dalam menghadapi kasus Ilegal drilling, terutama pada penyulingan minyak masyarakat.

Hubungan baik dengan LSM dan Mahasiswa: Kapolda menegaskan agar tidak ada konflik antara Polri dengan LSM, Selain itu, diharapkan terjalin hubungan baik dengan mahasiswa.

Peningkatan Kehadiran Petugas: Para Kapolres diharapkan untuk meningkatkan kehadiran petugas di lapangan, mengoptimalkan anggaran yang tersedia, dan menghindari penyalahgunaan wewenang.

Tiap Kapolres diinstruksikan untuk memerintahkan Kasat Intel dalam membuat Kirka terkait tawuran, pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), balap liar, serta pemerasan, begal, dan pungutan liar (Pungli). Kirka ini harus mencantumkan lokasi dan waktu kejadian tindak pidana beserta informasi para pelaku.

Baca Juga  Pengajian Majelis Taklim Langgar Merdeka Membahas Tentang Air Suci

Kirka tersebut akan ditindaklanjuti dengan patroli skala besar dan tangkap tangan oleh pengemban fungsi preemtif dan preventif.
Kegiatan Gelar Operasional Triwulan II TA. 2023 dilaporkan berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Semoga upaya Polda Sumatera Selatan dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada Serentak dapat memberikan hasil yang positif dan berkelanjutan.(jnp)

Komentar