Jurusan TBSM Siap Hadapi Dunia Industri

Berita Utama791 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co id – Untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam bidang pendidikan yang sejalan dengan program “Sinergi Bagi Negeri”, Astra Motor Sumsel mengadakan kegiatan CSR Pendidikan yang berkolaborasi dengan SMK Negeri 2 Palembang.

Dalam kegiatan ini, Astra Motor Sumsel bersama siswa jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) SMK Negeri 2 Palembang melakukan kegiatan peremajaan ruang praktek dan laboratorium TBSM serta edukasi safety riding bagi siswa siswi di SMK Negeri 2 Palembang pada Kamis (24/3/2023).

Suparman selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palembang mengatakan melalui kegiatan edukasi safety riding ini akan semakin banyak anak didik kami yang memahami cara berkendara yang baik dan benar. Selain itu, kompetensi anak didik kami akan semakin meningkat khususnya siswa di jurusan TBSM. Dengan adanya peremajaan ruang praktek dan laboratorium ini, anak didik dan bengkel di sekolah kami dapat memenuhi standar bengkel AHASS.

Baca Juga  Pencuri Helm di Polsri Palembang Diamankan Polisi, Sempat Dihajar Massa

“Kami sangat menyambut baik program CSR Pendidikan dari Astra Motor Sumsel karena melalui kegiatan ini siswa kami dapat semakin memahami standar kerja bengkel Honda sehingga nantinya mereka sudah siap menghadapi dunia industri. Harapan kami dengan adanya program ini siswa kami akan menjadi lulusan yang memiliki nilai-nilai karakter budaya kerja di dunia industri dan memiliki jiwa prospek bisnis (enterpreneurship) di dunia otomotif sepeda motor sehingga bukan suatu hal yang mustahil bagi lulusan jurusan TBSM SMK Negeri 2 Palembang dapat menjadi wirausaha dengan membuka bengkel motor sendiri” ungkap Suparman.

Baca Juga  Mabes Polri Limpahkan Tiga Tersangka Merintangi Penambangan 

SMK Negeri 2 Palembang merupakan salah satu dari 16 SMK Binaan terpilih yang akan mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Untuk menyempurnakan kompetensi siswa jurusan TBSM maka perlu dibekali dengan ilmu praktek di bengkel. Dengan adanya ruang praktek dan laboratorium TBSM, maka harapannya para siswa dapat menerapkan ilmu teori yang sudah dipelajari sehingga keterampilan siswa akan semakin berkualitas.

Anton Prihatno selaku Technical Service Manager Astra Motor Sumsel mengatakan dukungan terhadap kompetensi otomotif khususnya sepeda motor bagi siswa SMK perlu ditingkatkan dengan terjun langsung di dunia industri. Program CSR ini menjadi wujud penerapan link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri.

Baca Juga  Konser SID di Palembang Dibubarkan Aparat

“Program ini adalah wujud komitmen kami untuk mencetak mutu lulusan TBSM SMK Negeri 2 Palembang melalui pelatihan dan pembekalan skill sebelum memasuki dunia industri. Sejalan dengan semangat “Sinergi Bagi Negeri” kami ingin program ini siswa memahami sistem, aturan dan prosedur yang berlaku di dunia industri sehingga siswa pun dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan di sekolah dengan sikap kerja (attitude) yang baik” tutupnya.

( Ocha)

Komentar