Harganas Ke-30 Tahun 2023 : Ayo Majukan UMKM, Produk Lokal Banyuasin dan Produk Indonesia

Berita Utama1365 Dilihat

Banyuasin, Sumselost.co.id – Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH.,MH secara resmi membuka Pameran Banyuasin Expo Gelar Dagang Produk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka Harganas Ke-30 Tahun 2023 bertempat di Graha Sedulang Setudung, Selasa (4/7).

Kegiatan Pameran Banyuasin Expo merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 dengan tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting”. Pameran Banyuasin Expo dan gelar dagang ini bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa, industri kecil dan kerajinan unggulan potensi daerah sekaligus sebagai ajang promosi memperkenalkan produk-produk unggulan dari Kabupaten Banyuasin.

Dalam sambutannya, Bupati Askolani menyampaikan ucapan selamat datang kepada tamu undangan dan pelaku UMKM yang tergabung dalam kelompok UPPKA di Bumi Sedulang Setudung. Ada 180 stand dan juga dihadiri 32 Provinsi dalam gelaran Banyuasin Expo, dimulai dari tanggal 4-6 Juli 2023. “Ayo majukan bersama-sama UMKM dan produk lokal Kabupaten Banyuasin dan produk Indonesia agar kita mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri,” ajaknya.

Baca Juga  Rampas IPhone Pengendara Mobil, Yusuf Ditangkap Polda Sumsel

“Melalui kegiatan Banyuasin Expo ini saya berharap masyarakat Banyuasin dapat lebih mencintai dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kabupaten Banyuasin, diharapkan keberadaan UPPKA bisa berperan aktif dalam upaya penurunan stunting dengan usaha dibidang kuliner serta mengembangkan makanan lokal yang sehat dalam upaya pencegahan stunting di Bumi Sedulang Setudung,” jelasnya.

Bupati berharap semoga kegiatan pameran Banyuasin Expo dan gelar produk UPPKA Tahun 2023 dapat menjadi sebuah momen positif bagi masyarakat Banyuasin khususnya pelaku usaha UMKM untuk menuju UKM mandiri dan berdaya saing. Beliau yakin bahwa produk unggulan kita tidak kalah bagus dengan produk-produk luar negeri.

“Semoga acara kita ini dapat berjalan dengan lancar tidak ada halangan apapun dari masyarakat serta dapat merasakan manfaat dari pelaksanaan berbagai macam event di Kabupaten Banyuasin. Tentunya saya berharap masyarakat Banyuasin dapat lebih mencintai dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kabupaten Banyuasin,” ungkap H. Askolani.

Baca Juga  Kms Ahmad Idham Murni Sebut Percasi di kota Palembang Jadi Barometer Kemajuan Catur di Sumsel

Sementara itu, Kepala BKKBN Republik Indonesia dr. Hasto Wardoyo, SP.,OG mengatakan dalam upaya peningkatan percepatan sektor di seluruh Indonesia, kita mempunyai kelompok sektor yang jumlahnya sangat luar biasa hampir 75.000 ribu sektor di seluruh Indonesia. Hari ini kita berikan ruang dan kesempatan untuk mengekspos produk dagang mereka di Harganas Ke-30, ini lah ajang kita untuk berdiskusi dan berdagang serta memperkenalkan UPPKA dan UMKM dari berbagai Provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

“Kegiatan pembukaan Banyuasin Expo merupakan contoh bahwa UPPKA dan UMKM bisa dikolaborasikan untuk pengembangan usaha yang lebih intensif dan berkelanjutan sehingga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir Penasehat Dharmawanita Persatuan BKKBN RI, Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Investasi BKPM RI, Gubernur Sumsel diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Pembangunan SDM, Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel diwakili PLT Kepala Perindustrian, Kepala BKKBN Provinsi Sumsel, Ketua Harian BPP AKU, Ketua DPRD Banyuasin, Sekda Banyuasin, Plt Ketua TP-PKK Banyuasin, Ketua DWP Banyuasin, Para Asisten, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, Kepala DP2PAP2KB Banyuasin, Para Kepala OPD, Ketua Pengadilan Negeri Pangkalan Balai, Dandim 0430 Banyuasin, Kajari Banyuasin yang mewakili, Instansi Vertikal dan Pelaku UMKM.

Baca Juga  PCM Seberang Ulu 1 Adakan Pembinaan Kepada Guru SD Muhammadiyah 02 Palembang

( ida)

Komentar