Dinas PUPR Kota Palembang bersama Relawan Eco Enzyme Indonesia Regional Sumsel dan PS-KMPB Gelar Pelatihan Pembuatan ECO Enzyme

Sumsel621 Dilihat

Sumselpost.co.id. Palembang,- Pelatihan pembuatan dan penuangan ECO ENZYME bersama Komunitas Masyarakat Peduli Sungai, Peduli Banjir (KPS-KMPB) dan Lingkungan kota Palembang yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Palembang di jalan Tanjung Rawo Kelurahan Bukit Kecil Kecamatan Ilir Barat I (IB.I) Palembang, Kamis (21/09/2023).

Camat Ilir Barat I, Rahman Hidayat Pane S.STP membuka kegiatan pelatihan pembuatan dan penuangan Eco Enzyme di wilayah Tanjung Rawo. Turut hadir Lurah Bukit Lama, Muslim S.Sos., Ketua Relawan Eco Enzyme Indonesia (REEI) Regional Sumatera Selatan H. Bambang Mulyanie, Ketua KPS-KMPB, Kabid Sumber Daya Air, Irigasi dan Limbah Ir. RA. Marlina Sylvia, ST,.M.Si., M.Sc.,IPU., ASEAN Eng. di wakili oleh Pelaksana Kegiatan Marlinda, ST., MT., serta Ketua RT, dan Ketua RW setempat.

Rahman Hidayat Pane S.STP selaku Camat IB. I mengatakan, Kegiatan ini sangat positif karena cairan Eco Enzyme ini memang cairan multi fungsi yang kegunaannya banyak untuk lingkungan terutama di daerah sungai dan perairan, serta untuk rumah tangga dan kesehatan.

Baca Juga  Yolawati Gadis alumni KPI UIN Raden Fatah Palembang Keluarkan Satu Judul Buku kolaborasi antara Dua Mahasiswa dan Dua Dosen

“Hari ini kita sosialisasi proses pembuatan dari awal sampai dengan nanti selesai terus manfaat kegunaannya bisa digunakan untuk apa saja, dan kami sangat menghargai kegiatan positif yang baru tahap awal kita laksanakan didaerah tanjung rawo di wilayah RT.55 RW.16 Kelurahan Bukit Lama,” Ujarnya.

Lebih lanjut, berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di lima kelurahan di kecamatan IB. I karena kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat terutama bagi lingkungan. Serta mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama kebersihan sungai.

Sementara di tempat terpisah , Marlinda, ST., MT., Selaku Ketua Pelaksana mewakili Kabid Sumber Daya Air, Irigasi dan Limbah menambahkan, Dinas PUPR kota Palembang bersama Relawan Eco Enzyme mengadakan pelatihan pembuatan dan penuangan Eco Enzyme dengan memanfaatkan sampah organic menjadi Eco Enzyme.

Baca Juga  Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Bersama Jajaran Mengunjungi Dinas PPA Provinsi Sumsel

“Dengan adanya pelatihan ini harapan kami, masyarakat yang diundang akan bisa mengajarkan masyarakat lainnya untuk memanfaatkan sampah tadi menjadi Eco Enzyme yang akan berguna untuk memperbaiki kualitas air, termasuk menghilangkan bau tak sedap di air” Ujarnya.

Selain bisa menjernihkan air dan menghilang bau tak sedap, Eco Enzyme juga bisa dimanfaatkan sebagai sabun, sampho, obat jerawat dan masih banyak manfaat lainnya. Pelatihan ini juga bertujuan mengajarkan masyarakat khususnya yang tergabung dalam komunitas peduli sungai, peduli banjir dan lingkungan untuk membuat Eco Enzyme secara mandiri.

Pihaknya berharap melalui edukasi dan sosialisasi ini juga masyarakat mengikuti peraturan yang telah di tetapkan bersama-sama pemerintah, menjaga sungai dan saluran agar tidak terjadi penyempitan yang mengakibatkan kecepatan air menjadi lambat sehingga munculah genangan hingga banjir.

Baca Juga  " Lansia Kota Palembang Usul Dibentuk Satgas Pendamping Lansia"

“Kegiatan hari ini lebih ke pemanfaatan sampah, karena sampah ini luar biasa perannya dalam memblokir jalan air yang mengakibatkan air tidak mengalir lancar” Ujarnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan di pemukiman masyarakat agar lebih menyentuh masyarakat yang menjadi target program serta dapat membaur antara pemerintah dan masyarakat. Melalui komunitas, pemerintah dan masyarakat bisa berkolaborasi bersama-sama melindungi jalan air,” Pungkasnya ( Ocha)

Komentar