Hernoe : Keberadaan PT CHR Sebagai Institusi Bisnis Tidak Bisa Terlepas Dalam Peranannya Ditengah-tengah Masyarakat

SumselPost.co.id. Palembang,- Lima belas tahun, tentu menjadi usia yang sangat matang bagi sebuah Perusahaan, tidak terkecuali bagi PT. CNG Hilir Raya (“CHR”). 2009 menjadi tonggak momentum penting bagi PT Citra Nusantara Gemilang, Tbk (PT. CNG, Tbk) dalam geliatnya melakukan ekspansi bisnis ke wilayah Sumatera Selatan. Melalui kerjasama antara PT. CNG, Tbk dengan PT PDPDE Hilir dengan mendirikan CHR.

Latar belakang Sumatera Selatan sebagai lumbung energi, menjadi salah satu alasan CHR hadir kota Palembang. Dengan merk Dagang “Musi Gas”, CHR menjadi pioner satu-satunya Perusahaan di Indonesia yang menghadirkan energi bersih khususnya bagi kendaraan bermotor berbahan bakar gas (BBG). Melalui program “langit biru” CHR bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan dan Pemerintah Kota Palembang secara bersama-sama mendorong pengunaan kendaraan BBG dengan cara melakukan konversi dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi BBG.

Kiprah CHR dalam dukungan mewujudkan program langit biru mendapatkan respon dan antusias dan positif dari kalangan masyarakat dan pemerintahan Kota Palembang. Setidaknya tidak kurang dari 600an Angkutan umum dan kendaraan dinas Pemkot dan pemprov yang beroperasi di Palembang kompak melakukan konversi kendaraan dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi BBG.

Baca Juga  Tuna Rungu dan Tuna Wicara Asal Palembang Keliling Indonesia 

Jejak langkah sukses program konversi BBG ini kemudian menjadi icon penting dalam keberlanjutan program konversi kendaraan BBG yang dilakukan Pemerintah melalui kementerian ESDM di beberapa kota besar lainnya, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Lampung. Pemerintah Pusat meluncurkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) setidaknya lebih dari 10 titik di seluruh kota besar di Indonesia guna mendukung keberlangsungan program konversi ini.

Kejelian membuka peluang pemasyarakatan pengunaan gas alam tidak hanya berhenti dalam program konversi kendaraan BBG, pada tahun 2013 CHR mulai merambah ke sektor industri untuk melakukan konversi pengunaan bahan bakar gas alam yang dikenal dengan compressed natural gas (CNG).

CNG merupakan metode pengangkutan gas alam yang disalurkan melalui pipa kemudian di lakukan kompresi bertekanan tinggi kurang lebih 200 barg kedalam sebuah tabung khusus kemudian dikirim mengunakan moda transportasi sampai kepada pelanggan. Selain ramah lingkungan, CNG ini memiliki keunggulan lainnya dibanding dengan bahan bakar lainnya yang berasal dari fosil, antara lain keamanan, harga yang kompetitif dan ketersediaan gas.

Baca Juga  Pengedar Sabu Asal Desa Purwosari Disergap Personil Polsek Keluang

Di Usia yang ke 15 tahun CHR tetap konsisten memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat, baik industri, mini industri (UMKM), dan Ritel (Hotel, restoran dan cafe). Bahkan dalam 3 tahun terakhir CHR telah melakukan ekspansi market hingga Lampung, dengan total volume penjualan hampir mencapai 1 juta meter kubik.

Keberadaan PT CNG Hilir Raya sebagai institusi bisnis tentu tidak bisa terlepas dalam peranannya ditengah-tengah masyarakat. Selain hadir sebagai solusi alternatif energi yang lebih ramah lingkungan, CHR juga aktif dalam mendorong hadirnya lingkungan kota yang bersih. Melalui kerjasama dengan pemerintah Pusat dengan gerakan ayo kerja G70 (gerakan 70) pada tahun 2015, karyawan beserta relawan dari berbagai unsur dengan dipandu oleh Pemerintah Kota secara gotong-royong melakukan aksi bersih-bersih sungai di sepanjang bantaran anak sungai musi. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari Pemkot Kota Palembang dengan menjadikan sebagai program unggulan pemkot palembang.

Baca Juga  Sebanyak 1235 Mahasiswa Unsri di Wisuda

Selain itu, dukungan terhadap upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan secara berkelanjutan CHR juga turut menjadi bagian dalam mensukseskan event SEAGAME 2011 Jakarta-Palembang, yang menghadirkan kendaraan BBG sebagai moda utama yang seluruh bahan bakarnya dipasok dari CHR.

Sumatra Selatan sebagai lumbung energi sudah semestinya masyarakatnya pun ikut menikmati, tidak hanya secara tidak langsung dari sumber APBD namun juga menikmati secara langsung manfaat energi bersih dan ramah lingkungan, ujar Hernoe Roesrijadji, S.Ip, M.H, M.Si dalam setiap kesempatan. Dirgahayu PT. CNG Hilir Raya yang ke 15 semoga selalu memberi manfaat bagi seluruh masyarakat.( Ocha Rilis)

 

 

Komentar