BKPSDM OKU Timur Adakan Pelatihan Peningkatan Kinerja ASN, Hadirkan Pakar Komunikasi  Dr. H. Rahidin H. Anang

Berita Utama1404 Dilihat

Oku Timur; Sumselpost.co.id – Kabupaten Oku (ogan komering ulu) Timur melalui Bkpsdm terus meningkatkan kualitas dan kinerja ASN, agar mampu melayani masyarakat, sekarang seharus ASN harus mampu merubah pola pikir, sebab era nya sudah beda, ASN itu pelayan publik, bukan dilayani publik, maka dari itu Bkpsdm (Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia) bekerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka juga di sumatera selatan yaitu Universitas Muhammadiyah Palembang, dengan menghadirkan para instruktur yang handal serta berkompeten di bidangnya masing-masing.

Pada workshop kali ini, kita baru perkenalan dan ini butuh kelanjutan nya, ungkap Kepala Badan (Kaban Bkpsdm) Oku Timur Sutikman, S.Ld., M.Pd Pelatihan peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenai teknik dan etika berkomunikasi di Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. Lanosin, menurut Bupati, kegiatan seperti baru kali pertama dilakukan, pada hal komunikasi ini sangat penting, apa lagi kita ini sebagai abdi negara (ASN) yang wajib malayani masyarakat sebaik mungkin, sehingga selesainya workshop ini, para ASN di pemerintahan Oku Timur harus mampu untuk mengimplementasikannya, sehingga masyarakat di Oku Timur merasa puas atas pelayanan para ASN, tutur Lanosin Bupati Omu Timur.

Pemkab. Ogan Komering Ulu Timur (OKUT). Terbukti pelaksanaannya tersebut, dilakukan serta disampaikan melalui Workshop dengan menghadirkan narasumber yang juga seorang pakar komunikasi serta Dosen dari Universitas Muhammad Palembang (UMP) Yaitu , Dr H Rahidin H Anang, MS, serta dihadiri beberapa narasumber yang lain yaitu; Dr.Sri Rahayu sebagai Direktur Pascasarjana UMP, dengan materinya Teknim dan Etika Berkomunikasi, sekaligus sebagai narasumber, Dr. Yetti materinya Problem Solving dan Dr. Trisnawaty Ajeng Pelayanan Prima.

Peningkatan kinerja para ASN terus ditingkatkan dalam berkomunikasi yang baik serta beretika untuk melayani masyarakat, maupun meningkatkan kualitas ASN dalam berkomunikasi melalui Public Speaking didunia kerja, seperti Presentasi makalah, memimpin rapat, Rapat perkantoran atau perusahaan, Pembicara diarena pertemuan, Training atau pelatihan, Interview atau wawancara, dan Negosiasi.

Selanjutnya tujuan Public Speaking yang disampaikan langsung oleh Dr H Rahidin H Anang, MS, dikegiatan Workshop yang diikuti para ASN Pemkab OKU Timur tersebut, agar melalui kegiatan penyampaian materi tentang Public Speaking, dengan tujuan untuk lebih Paham, Yakin, dan Bertindak (Action).

Demikian diungkapkan oleh Dr H Rahidin H Anang MS, seorang pakar komunikasi yang juga seorang dosen UMP Kota Palembang, saat memberikan serta penyampaian Materi-materi kepada para ASN Pemkab OKU Timur Tentang Public Speaking.

“Ya, mengapa manusia butuh komunikasi, Karena komunikasi dapat mengumpulkan informasi tentang orang lain, Komunikasi menolong seseorang memenuhi kebutuhan Interpersonal, Komunikasi membentuk identitas pribadi, dan Komunikasi mempengaruhi orang lain,”terang Dr H Rahidin H Anang,MS, pada kegiatan Workshop di OKU Timur yang langsung dihadiri Bupati OKU Timur Ir Lanosin (05/09/2023).

Baca Juga  Polsek Lembak Cek Sejumlah Pangkalan LPG 3 KG, Ini Faktanya

Lanjut Rahidin, bahwa dengan berbagi alasan kenapa kita harus menguasai Public Speaking, selain karena tuntutan zaman dan teknologi, serta tuntutan profesi maupun persaingan, banyak orang sukses karena berawal dari good speaker.

“Ada sebuah Mitos, bahwa kemampuan berbicara didepan umum muncul karena bakat, “Faktanya, kemampuan berbicara didepan umum berkembang dengan latihan dan praktek, Jika begitu, apa sebenarnya yang menghalangi kita untuk berlatih dan praktek, yang menyebabkan kita merasa gugup dan rasa takut,”ungkap dosen UMP Dr H Rahidin H Anang MS.

Lanjut Rahidin lagi, melalui workshop ini, mari kita manfaatkan dengan baik dalam mengatasi rasa gugup dan cemas, yakni dengan cara atur pernafasan serta relaksasi, ada sugesti dengan berucap saya harus bisa, latihan kontak mata, persiapan, menguasai audensi atau panggung, serta lakukan latihan,”ujar Dr H Rahidin.

Dikatakan Rahidin, bahwa terdapat cara meningkatkan skill berkomunikasi, Yaitu dengan cara menambah melalui belajar berbicara didepan umum, Pelajari Dasar-dasar komunikasi Non -Verbal,Akti mendengar, Pahami Audensi, dan Perluas jaringan. “Kemampuan berbicara sangat penting untuk kehidupan kita, Siapa saja bisa menguasai “Public Speaking” Jika anda sadar tidak dilahirkan sebagai speaker, maka berlatih dan berlatihlah,”ajak Dr H Rahidin H Anang, MS, pada Workshop tersebut.

Baca Juga  Malam Pergantian Tahun Camat Gelumbang Himbau Warga Perbanyak Ibadah dan Doa

Ditambahkan, melalui kegiatan Workshop ini, saya berikan tips kepada para peserta workshop, Yakni “Selama kita membenci dan menghakimi orang lain, maka hidup kita tak akan pernah tenang dan bahagia,”tutup pakar telekomunikasi yang juga dosen Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Dr H Rahidin H Anang MS.

Sementara dalam kegiatan Workshop yang dikuti para ASN Pemkab OKU Timur tersebut, Bupati OKU Timur Ir Lanosin, menyambut baik atas hadirnya seorang narasumber yang juga seorang pakar telekomunikasi yang kita miliki di Sumatera Selatan yaitu Dr H Rahidin H Anang, MS, dalam memberikan pelatihan serta penyampaian materi kepada para ASN dilingkup Pemkab.OKU Timur, serta apresiasinya juga telah hadir para dosen dari UMP.

(JNP)

Komentar