10-23 Juli 2023 Ops Patuh Musi Digelar Serentak di Indonesia

Berita Utama1109 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id – Operasi Patuh Musi 2023 adalah operasi yang diadakan oleh Polres Muara Enim dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023.

Operasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, serta angka fatalitas, dan juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sebelum pelaksanaan Operasi Patuh Musi, Polres Muara Enim mengadakan latihan pra-operasi yang berlangsung di Ruangan Mapolres Muara Enim pada Jumat, 7 Juli 2023. Latihan ini dipimpin oleh Waka Polres Muara Enim, yaitu Kompol CS. Panjaitan, SE, Msi. Dia didampingi oleh Kabag Ops Polres Muara Enim, yaitu Kompol Toni Arman, SH, dan Kasat Lantas Polres Muara Enim, yaitu AKP Suwandi, SH, MSi.
Waka Polres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan, SE, Msi, Mengatakan latihan pra-operasi ini adalah untuk menyatukan persepsi dan cara bertindak anggota sebelum mereka melaksanakan tugas di lapangan.

Baca Juga  Rutan Kelas 1 Palembang Gelar Kegiatan Kesatuan Pengamanan

Dengan melakukan latihan ini, diharapkan anggota dapat menjalankan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan.

Selama latihan pra-operasi OPS Patuh Musi, para personel menerima petunjuk dan arahan terkait pelaksanaan tugas di lapangan, termasuk dalam kegiatan patroli. Selain itu, para personel juga diminta untuk terlibat dalam Kampanye Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) agar tetap aman dan kondusif selama pelaksanaan kegiatan.

Baca Juga  Polda Sumsel Gelar Operasi Patuh 2023

Operasi Patuh Musi 2023 sendiri mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis, dengan dukungan penegakan hukum dalam hal lalu lintas. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta mengurangi pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi.

Dengan adanya Operasi Patuh Musi 2023, diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, dan angka fatalitas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.(jnp)

Komentar