Puan: Jadikan Idul Fitri 1444 H Untuk Pererat Silaturahmi Keluarga dan Sesama Anak Bangsa

Nasional408 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kepada seluruh umat muslim. Ia mengajak masyarakat Indonesia untuk terus bersatu dalam semangat silaturahmi dan gotong royong.

“Sebulan berpuasa, Insya Allah menjadikan kita sebagai pribadi yang takwa, sabar, serta tawakal. Kini tibalah hari kemenangan, hari suci Idul Fitri,” kata Puan, Jumat (21/4/2023).

Puan mengajak masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan momen Lebaran sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar keluarga dan sesama anak bangsa. Menurut Puan, kehangatan silaturahmi akan mempererat persatuan bangsa dan negara.

“Tunaikan nilai-nilai ibadah Ramadan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa membantu mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Baca Juga  Kekerasan Oknum TNI Terhadap Relawan Ganjar Bukti Netralitas TNI Cederai Pemilu 2024

Puan juga minta masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh kegembiraan. Apalagi saat ini Indonesia sudah tidak berada dalam status PPKM, sehingga masyarakat bisa berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Lebaran.

“Rayakan Hari Kemenangan dengan sukacita bersama orang-orang terkasih dengan penuh rasa syukur,” kata Puan.

Menurutnya, budaya silaturahmi sudah menjadi ciri khas Bangsa Indonesia sejak lama. Puan mengatakan, agama dan budaya merupakan dua hal yang bisa saling terkoneksi.

“Momen Halal Bihalal atau silaturahmi Lebaran sudah ada sejak zaman dulu di Indonesia dan merupakan gagasan Bung Karno. Lewat inisiasi Bung Karno, para elite berkumpul untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan di momen Idul Fitri,” ungkapnya.

Baca Juga  Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Tegaskan Indonesia Berdaulat Harus Miliki Militer Tangguh

“Gagasan yang baik itu pun sampai saat ini masih terus ada. Memelihara ajaran yang baik, tentunya juga akan menghasilkan hal yang baik untuk bangsa dan negara,” tambah Puan.

Meski begitu, masyarakat diminta tetap menjaga protokol kesehatan saat beraktivitas di momen Lebaran. Puan mengingatkan, kenaikan kasus Covid-19 belakangan ini akibat varian baru Omicron XXB.1.16 atau Arcturus harus membuat semua pihak waspada.

“Jangan sampai lengah menjaga protokol kesehatan saat silaturahmi di momen Idul Fitri. Kita tidak ingin ada lonjakan kasus Covid-19 baru yang bisa berdampak pada banyak hal,” kata mantan Menko PMK itu.

Baca Juga  Perayaan Natal DPR/MPR/DPD RI Pererat Persaudaraan Menjelang Pemilu 2024

Pemerintah Pusat dan Daerah juga diingatkan untuk menyiapkan skenario terbaik apabila terjadi kerumunan di berbagai titik selama libur lebaran.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Minal Aidzin Wal Faizin, mohon maaf lahir batin,” pungkas Puan.(MM)

Komentar