Sambut Kontingen ASEAN Para Games 2023, Puan Bangga RI Juara Umum

Nasional440 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut kedatangan rombongan kontingen Para Games Indonesia yang telah menjadi Juara Umum pada ajang ASEAN Para Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja. Puan menyampaikan kebanggaannya, apalagi Indonesia bisa keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games untuk tiga kali berturut-turut.

Puan menyambut rombongan kontingen ASEAN Para Games Indonesia yang tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo, dari Kamboja, pada Sabtu (10/6/2023) pukul 17.00 WIB, Puan memberi selamat sambil menyalami atlet dan pelatih yang telah berjuang di pesta multi-cabang olahraga atlet berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas se-Asia Tenggara itu.

Selain menyalami, Puan juga mengalungkan bunga kepada sejumlah atlet sebagai bentuk penghargaan atas prestasi gemilang kontingen Indonesia. Ia juga sempat berbincang-bincang dengan para atlet.

Atas prestasi kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023, Puan menyampaikan ucapan terima kasih karena berkat kerja keras dan dedikasi mereka, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali melebihi yang ditargetkan.

“Saya merasa bangga atas capaian kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 yang digelar di Kamboja ini. Prestasi seluruh anggota kontingen Indonesia mampu membawa Indonesia hattrick juara umum ASEAN Para Games,” kata Puan.

Sebagaimana diketahui, capaian di Kamboja ini juga mengukuhkan Indonesia sebagai peraih hattrick juara umum ASEAN Para Games.

Dalam ajang ASEAN Para Games 2023, Indonesia menjadi juara umum dengan raihan 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu sehingga total memperoleh 401 medali. Perolehan tersebut belebihi target Pemerintah dalam ASEAN Para Games 2023 yakni sebanyak 121 medali emas.

Baca Juga  Beli 200 Paket Beras Dibagikan ke Warga, Puan: Sekalian Bantu ‘Nglarisin' Pedagang

Indonesia unggul dari pesaing terberatnya, Thailand, yang menempati peringkat kedua, dengan raihan 126 medali emas, 109 perak, dan 92 perunggu. Vietnam yang berada di peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Prestasi membanggakan ini juga merupakan tonggak sejarah, karena Indonesia berhasil mendapatkan medali terbanyak sejak keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games saat tidak menjadi tuan rumah.

“Ini menjadi bukti, bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil dan hasil tidak mengkhianati usaha,” sebut Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengatakan, kesuksesan tersebut tidak terlepas dari peran rakyat Indonesia sebagai suporter bagi atlet-atlet ASEAN Para Games. Puan mengatakan, keberhasilan ini merupakan keberhasilan seluruh rakyat Indonesia.

“Kesuksesan ini juga berkat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, termasuk suporter Indonesia yang berada di Kamboja,” ungkap Ketua Dewan Pengarah Asian Para Games 2018 itu.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk kolaborasi kontingen Indonesia, Pemerintah dah stakeholder-stakeholder terkait, serta tentunya seluruh masyarakat Indonesia yang tak hentinya memberi semangat para atlet kita,” kata Puan.

Selain berhasil membawa Indonesia menjadi juara umum Para Games 2023, kontingen Garuda pun resmi memecahkan rekor di 15 nomor cabang olahraga selama pertandingan di Kamboja sejak 3 hingga 9 Juni lalu itu. Ke-15 cabang olahraga tersebut adalah empat nomor angkat beban atau powerlifting dan 11 nomor renang.

Kemudian 3 cabang olahraga yang mendominasi raihan medali emas Indonesia di ASEAN Para Games 2023 yakni cabang olahraga Para-Atletik, Para-Tenis Meja dan Para-Catur. Puan pun meminta Pemerintah untuk segera memberikan hak bonus bagi para atlet dan pelatih atas prestasi mereka di perhelatan ini.

Baca Juga  Penantian 32 Tahun, Ketua DPD RI Bangga Timnas Raih Emas di SEA Games 2023

“DPR meminta pemerintah memberikan apresiasi atas prestasi ini. Saya senang mendengar Pemerintah akan memberikan bonus kepada para atlet ASEAN Para Games dan segera diwujudkan,” jelasnya.

Para atlet akan meraih bonus berdasarkan prestasi mereka di ASEAN Para Games 2023. Bonus yang diberikan berdasarkan jenis medali yang diraih, baik itu emas, perak, atau perunggu.

Di sisi lain, Puan meminta kepada seluruh anggota tim merah putih untuk menjadikan momentum ASEAN Para Games 2023 sebagai persiapan menghadapi ajang bergengsi lainnya.

Sebagai informasi, kontingen Para Games Indonesia akan ikut ambil bagian dalam ajang olahraga Asian Para Games 2023 di Hangzou, China, dan Paralimpiade 2024 di Paris.

“Ke depan, para atlet harus berlatih dan bekerja keras lagi agar bisa ikut dan berprestasi dalam Paralimpiade Paris 2024,” imbau Puan.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK itu berharap agar keberhasilan Indonesia di ASEAN Para Games 2023 dijadikan sebagai pemupuk semangat dan motivasi, khususnya bagi para penyandang disabilitas. Puan mengatakan, masyarakat difabel banyak yang memiliki talenta serta kemampuan meski berkebutuhan khusus.

“Di balik keterbatasannya, teman-teman difabel punya bakat yang bahkan melebihi masyarakat pada umumnya. Dan tidak sedikit dari mereka yang berhasil mengharumkan nama bangsa,” ujarnya.

Puan menyebut, dukungan yang tepat akan membantu kelompok difabel mengembangkan potensi secara penuh, khususnya dalam bidang olahraga. Pemerintah diminta memberi perhatian lebih dalam upaya memfasilitasi penyandang disabilitas agar mampu berkembang dan berprestasi.

Baca Juga  Kemacetan Terurai, Semua Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Muzdalifah

“Dukungan kepada teman-teman difabel adalah langkah menuju masyarakat yang lebih inklusif. Ini berarti menciptakan lingkungan yang ramah dan aksesibel bagi mereka, sehingga mereka dapat berpartisipasi sepenuhnya dalam kegiatan sosial, budaya, dan ekonomi,” ungkap Puan.

Pencapaian luar biasa Indonesia di ASEAN Para Games pun disebut tidak lepas dari semangat juang para atlet dalam kondisi keterbatasannya.

“Dengan kerja keras dan gotong royong semua pihak, semoga Paralimpik Indonesia semakin berjaya,” pungkas Puan.

Sementara itu, atlet bulutangkis mini Indonesia pada ajang ASEAN Para Games 2023, Dimas Triaji mengucapkan terima kasih atas dukungan Puan. Dimas menjadi salah satu atlet yang mendapat kalungan bunga dari Puan.

Dimas yang berhasil membawa pulang medali emas dalam cabor bulutangkis ganda putra SH6 dan medali perunggu untuk cabor Para Badminton di nomor Men’s Singles SH6 tersebut berharap bisa terus mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia.

“Untuk masyarakat Indonesia, tetap terus dukung atlet-atlet Para Games,” kata Dimas Triaji.(MM)

Komentar