Beli 200 Paket Beras Dibagikan ke Warga, Puan: Sekalian Bantu ‘Nglarisin’ Pedagang

Nasional171 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani membeli 200 paket beras lalu dibagi-bagikan kepada warga di Sukoharjo, Jawa Tengah. Selain sebagai bentuk kepedulian ke warga, bagi-bagi beras yang dibeli langsung di pasar itu dilakukan Puan untuk membantu meramaikan dagangan (nglarisi) kios pedagang beras yang belakangan sepi.

Puan membeli beras di Pasar Kartasura, pada Jumat (9/2/2024). Sebelum ke Sukoharjo, ia berziarah ke makam Presiden pertama RI, Sukarno, di Blitar, Jawa Timur, bersama Ketum PDI Perjuangan (PDIP) yang juga merupakan ibundanya.

Kedatangan Puan di Pasar Kartasura disambut antusias pedagang dan pembeli. Bahkan para tukang becak dan warga sekitar pasar tampak ‘tumpah ruah’ di pasar untuk bisa menyapa Puan.

Baca Juga  134 Peserta Parlemen Remaja Se-Indonesia Bersidang Mengambil Keputusan UU KUHP

Di pasar, Puan meninjau sejumlah kios pedagang untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadhan. Para pedagang menyatakan cukup banyak harga komoditas yang mengalami kenaikan, seperti beras, cabai, dan gula. “Banyak juga yang mengeluhkan harga-harga jelang Ramadhan cenderung naik,” kata Puan.

Puan kemudian mendatangi kios beras milik Ibu Welas. Sejumlah pedagang mengaku kenaikan harga beras sudah berlangsung sekitar sebulan ini, khususnya beras premium.

Kepada Puan, para pedagang mengaku kenaikan harga beras diperparah dengan banjirnya beras gratis di kalangan masyarakat karena adanya bansos. Alhasil, penjualan beras semakin berkurang.

“Harga beras sekarang lagi mahal, bu. Sekarang juga susah jualan beras karena banyak beras gratis,” ungkap salah satu pedagang.

Baca Juga  DPR : Pemerintah Harus Perbaiki Tata Kelola Pupuk di Indonesia

Puan pun berinisiatif membeli beras di kios tersebut. Ia membeli beras yang dikemas menjadi 200 paket masing-masing berisi beras seberat 5kg.

Beras yang dibeli Puan merupakan beras premium seharga Rp 16 ribu/kg. Paket beras itu kemudian dibagi-bagikan kepada warga sekitar.

Saat ditanya wartawan apakah bagi-bagi beras dilakukan sebagai bentuk tandingan dari bansos yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada rakyat, Puan menegaskan upaya yang dilakukannya merupakan kepeduliannya kepada warga.

“Ini bentuk kepedulian saja. Saya bantu nglarisi dagangan Bu Welas, sekalian bantu warga sekitar pasar,” tegas Puan.

“Saya bagi-bagi beras juga dengan uang sendiri, karena empati dan rasa kepedulian kepada masyarakat,” sambung Puan.

Mantan Menko PMK itu berharap beras yang dibagikannya dapat bermanfaat untuk warga. Puan menilai daya beli di pasar juga perlu ditingkatkan untuk menjaga perekonomian rakyat. “Semoga setelah Pemilu, jangan ada ribut-ribut kenaikan harga beras lagi,” ujarnya.

Baca Juga  MKD Apresiasi Polri Tangkap Pemalsu Plat DPR

Puan sendiri dijadwalkan akan menghadiri kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Solo, Sabtu (10/2) pagi. Sore harinya, ia juga akan datang ke kampanye pasangan nomor urut 3 itu di Simpang Lima Semarang.(MM)

Komentar