Lestarikan Budaya, Gapoktan Desa Lubes Muara Enim Gelar Sedekah Sawah

Uncategorized622 Dilihat

Muara Enim, Sumselpost.co.id – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Lubuk Emplas (Lubes) mengadakan sedekah sawah atau sedekah ataran bertempat disawah salah satu kelompok tani, Sabtu kemarin (18/2).

Sedekah sawah ini bertujuan untuk melestarikan adat istiadat yang diadakan setiap musim tanam padi setiap tahunnya.

Hal ini dikatakan Farizal Kepala Desa Lubuk Emplas menyambut baik acara ini dan berharap kedepannya acara ini dapat lebih meriah lagi.

Kades juga mengajak, Gapoktan dan kelompok tani untuk terus bersinergi bersama Pemerintah Desa untuk memajukan pertanian di Desa Lubuk Emplas.

Baca Juga  Polisi Ini Diberhentikan Dengan Tidak Hormat Karena Tidak Masuk Kerja Lebih Dari 30 Hari

Dirinya juga meminta kepada dinas terkait dalam hal ini PPL (Penyuluh pertanian lapangan) dapat membantu petani baik berupa alat, pupuk dan lainnya,”Pungkasnya.

Sementara itu, Solihin,SP
Koordinator penyuluh didampingi BPP Ujanmas Suryani Wahyuningsih,S.PKP menyambut baik kegiatan ini PPL juga berharap kepada petani untuk melaksanakan IP200 yakni dalam satu tahun dapat panen 2 kali,”ucapnya singkat.

Baca Juga  Jalan Penghubung Desa di Kecamatan Lalan Akan Segera Dibangun

Ditempat yang sama, Deniansyah S.H selaku pengurus Gapoktan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Lubes, PPL, kelompok tani dan warga masyarakat lubuk emplas yang telah membantu mensukseskan acara ini.

Deni juga berharap, kepada seluruh ketua dan anggota kelompok tani yang berjumlah delapan kelompok agar dapat berkerjasama untuk meningkatkan kemakmuran petani.

“Kepada PPL dapat membantu alat, obat – obatan yang dapat meningkatkan produksi padi petani,”Ujar Deniansyah yang ketua kelompok tani Desa Lubes

Baca Juga  Kapolda Sumsel Kunjungi Asrama Bimbel Anak di Mapolsek Gelumbang

Terpantau acara diacara diadakan peramalan dan ditutup doa dengan harapan produksi meningkat dan dijauhi dari hama penyakit yang merusak tumbuh kembang padi.

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar