Hobi Berpetualang? Cobain HKM Kibuk 94 Dempo Utara

Uncategorized354 Dilihat

Pagaralam, Sumselpost.co.id.- Berpetualang di tengah hutan sembari menikmati indahnya alam dengan tanaman hutan seperti Kopi , alpukat dan lainnya mulai saat ini bisa dinikmati di Hutan Kemasyarakatan Hkm Kibuk 94 yang terletak di kecamatan Dempo Utara

Acara peresmian wisata Agroforestry dilaksanakan Minggu (26/02) yang.dihadiri oleh hutan kita institut (HAKI),KPH.X,Dinas terkait serta masyarakat setempat.

Burni dalam pidatonya mewakili masyarakat,kawasan wisata Agroforestry HKM Kibuk 94 perlu banyak perhatian dari semua pihak.Utamanya akses jalan menuju lokasi.”masalah jalan tentunya menjadi perhatian khusus, kami berharap impian ini segera terwujud.”harapnya.

Dan untuk yang terlibat dalam pengelolaan wisata Agroforestry ini adalah warga Kecamatan Dempo Utara mayoritas dari kelurahan Agung Lawangan dusun Gunung Agung,imbuhnya. Dengan adanya wisata ini akan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, katanya.

Baca Juga  Sinergitas TNI-Polri : Kodim 0404/Muara Enim dan Rindam II Sriwijaya Berikan Ucapan Selamat Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023

Sementara, Deddy Permana dari HAKI menyatakan, terkait pengelolaan wisata ini HAKI akan senantiasa melakukan pendampingan. bukan hanya dibuka namun ada kewajiban kita mempertahankan fungsi hutan dan melestarikannya.”karena bila tidak dijaga dan dipertahankan fungsinya akan berbahaya tentunya. Sebagai bentuk kepedulian HAKI telah memberikan penerangan berupa solar cell dan juga akan memberikan bimbingan hulu dan hilir tanaman yang ditanam.

Herri Mulyono selaku kepala KPH X Dempo menandaskan, kawasan hutan masyarakat Kibuk 94 tentu akan bermanfaat dan membantu masyarakat. Pembukaan lahan ini selama 35 tahun dan setiap 5 tahun dievaluasi dan diperpanjang ijinnya “untuk itu jangan lupa tanami tanaman penunjang jangan sampai kosong.’ingatnya. terkait wisata yang baru dibuka ini,kita harus gigih dan ulet karena perlu perjuangan yang ekstra.”klo sudah jalan enak biasanya semut semut mulai berdatangan karena sudah ada gulanya.”tamsilnya.

Baca Juga  Jalan Raya Tanjung Enim -Muara Enim Jadi Fenomena Tersendiri

“Yang baru buka dan belum ada gulanya ini butuh perjuangan maksimal .”ucapnya.

Martha Dinata dari Dinas Pariwisata mewakili Walikota Pagaralam dalam sambutannya, pemerintah kota Pagaralam tentu amat mendukung dengan wisata Agroforestry Kibuk 94 ini. Dan untuk teknis,kemasan dan pengembangan tentu bisa berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata.

“Hal ini tentu merupakan peluang usaha yang menjanjikan bagi Pagaralam sebagai destinasi wisata.”terangnya.

Baca Juga  Junaidi, Firdaus, dan M Yusuf Serahkan Senpira Ke Polsek Tanjung Agung

Sedangkan Rosi mewakili pihak kelompok usaha pengelolaan Sosial (KUPS) , pihaknya berkewajiban untuk menanam kembali kawasan wisata Agroforestry ini sehingga kegunaan dan fungsi hutan tidak terabaikan.”masing masing kita (KUPS) sudah memiliki pembibitan sendiri. Nanti kita tanamkan dan menjadi tanggung jawab KUPS ,tutupnya.

Acara peresmian ditutup dengan acara makan siang bersama dengan gumpalan awan dan semilirnya angin.(Rep)

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar