DPR Minta Pelayanan Musim Haji Tahun 2024 Harus Lebih Profesional

Nasional475 Dilihat

MAKKAH,SumselPost.co.id  – Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq bersama pimpinan DPR Sufmi Dasco, serta para Anggota DPR RI lainnya Rano Al Fath, Husni, serta Abdul Wahid, memantau tenda-tenda jemaah haji asal Indonesia di Mina.

Di sana, politisi PKB itu menemukan beberapa catatan seperti tenda-tenda yang penuh sesak akibat over capacity, bahkan sebagian tempat tidur diisi 2 sampai 3 orang sehingga beberapa jemaah memilih tidur di luar.

Tak hanya itu, beberapa toilet juga ditemukannya tidak berfungsi dengan baik. Bahkan sampai membuat ada seorang jemaah pingsan karena terlalu lama antrean dan berdiri. Termasuk insiden bocornya saluran limbah yang menimbulkan bau menyengat dan mengotori sekitarnya.

Baca Juga  Arbovirus Summit 2024, DPR Dukung Kolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM Kesehatan

“Yang ketiga banyak orang tua yang kepanasan dan juga menderita penyakit lain sehingga perlu penanganan yang serius,” kata Kiai Maman, Kamis (29/8/2023).

Catatan lain yang bakal dievaluasi, imbuh Politisi PKB itu, soal pola koordinasi dan komunikasi antar petugas yang belum kelihatan profesional. Ia pun berharap pelayanan haji di tahun yang akan datang dapat dilakukan lebih profesional dan manusiawi.

Baca Juga  LaNyalla: Awas, Jangan Ada Potongan Dana Bantuan Guru Madrasah Rp73 M

Kiai Maman pun memastikan temuan ini menjadi catatan tim pengawas haji pada saat rapat evaluasi nanti. Ia berharap kejadian serupa tak kembali terjadi pada musim-musim haji mendatang.

Meski begitu, menurut Kiai Maman, secara keseluruhan, Kementerian Agama dan para petugas haji telah bekerja keras melayani jamaah. Namun perbaikan ke depannya agar pelayanan semakin memadai, dibutuhkan tambahan petugas yang lebih banyak sesuai rasio ideal jamaah haji dan mau bekerja secara profesional dan ikhlas.(MM)

Komentar