Warga Resah Jutaan Hewan Lalat Berkeliaran Dirumah-Rumah Warga Hingga Warung

Berita Utama767 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id – Beberapa hari ini warga diresahkan adanya hewan lalat yang berkeliaran dan hinggap sampai masuk rumah warga, serta beberapa rumah makan/warung kecil milik warga. Hal tersebut terjadi dikawasan Gelumbang Raya Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (02/12/2023).

Keberadaan hewan Lalat yang berkeliaran tersebut diperkirakan mencapai jutaan yang hinggap di beberapa tempat -tempat sensitif, seperti rumah makan dan warung -warung makanan kecil yang ada dikawasan Gelumbang Raya Kabupaten Muara Enim. Salah satu warga Gelumbang Raya Sayadi (65) yang berdomisili didesa Talang Taling Kecamatan Gelumbang, mengungkapkan, peristiwa adanya banyaknya hewan lalat saat ini karena dampak dari musim panen ternak ayam dari beberapa kandang ayam yang ada diwilayah ini, namun disaat tidak musim panen ternak ayam, kondisi lingkungan biasa -biasa saja.

Baca Juga  Ini Pesan Kapolres Muba Saat Upacara Sertijab Polsek Babat Toman

“Ini harus jadi perhatian kepada pihak pemilik ternak ayam, masyarakat hanya dapat lalat nya saja dan pengusaha ternak ayam tanpa melihat kondisi lingkungan masyarakat, bisa saja persoalan lalat ini timbul penyakit ,”ungkap Sayadi (65), dengan nada kesal tersebut pada media ini (02/12/2023).

Senada diungkapkan warga Gelumbang Raya Robert (40), menyatakan prihatinnya atas kondisi yang terjadi saat ini, di prediksi jutaan lalat saat ini berkeliaran diduga kita dari dampak panen ternak ayam dari beberapa kandang ayam diwilayah Gelumbang Raya saat ini.

Baca Juga  Dugaan Penjualan Lahan Perambahan Hutan Didesa Gumai Gelumbang Tengah Diproses APH Serta Dishut Provinsi Sumsel

“Meminta pihak Pemerintah terkait turun dan cek kondisi saat ini, dan melihat langsung keluhan masyarakat serta mendesak para pengusaha ternak ayam untuk bertanggung jawab adanya lalat saat ini dampak panen ternak ayam tersebut,”cetus Robert.,(40).

Pantauan media ini pada beberapa tempat yang dihinggapi lalat tersebut, tampak masih berlangsung hingga hinggap dan masuk disalah satu minuman disebuah gelas kopi konsumen saat berada diwarung kecil pinggiran jalan raya Gelumbang Raya tersebut (02/12).(JN*)

Komentar