Pangdam Lepas 350 Prajurit Yon Arhanud

Berita Utama1201 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil, memberangkatkan sebanyak 350 Prajurit Yonarhanud 12/SBP yang tergabung dalam Satgas Pamtas Darat dan akan bertugas menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia, di Dermaga Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin (4/9/).

Satgas yang dipimpin Komandan Batalyon Arhanud 12/SBP Letkol Arh Agus Prijambodi, S.Sos., M.I.P., diberangkatkan ke wilayah perbatasan dengan menggunakan KRI Teluk Parigi – 539, yang akan melakukan perjalanan melalui jalur laut ke Kalimantan ditempuh sekitar kurang lebih 7 hari.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil menjelaskan bahwa kepercayaan yang diberikan Pimpinan kepada Kodam II/Swj khususnya kepada Prajurit Yonarhanud 12/SBP tentunya sangat membanggakan, karena bagi Prajurit tugas merupakan amanah, kehormatan, harga diri dan kebanggaan, sehingga harus dapat dilaksanakan dengan Paripurna sesuai dengan jati diri yaitu sebagai Prajurit Rakyat, Prajurit Pejuang, Prajurit Nasional dan Prajurit Profesional.

Baca Juga  Bag SDM Polres Muara Enim Dukung Lestarikan Negeri Giat Tanam Pohon Sejak Dini

“Oleh karena itu, laksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Dengan berbekal kemampuan dan keterampilan yang diperoleh selama melaksanakan latihan, saya yakin kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Pimpinan TNI, Bangsa dan Negara, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tegas Pangdam.
Dikatakan Pangdam bahwa, wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang bernilai strategis bagi Kedaulatan Negara.

Tugas pengamanan perbatasan darat negara yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, merupakan salah satu Tugas Pokok TNI AD dalam OMSP sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI, yaitu Menegakkan Kedaulatan Negara, Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI serta Melindungi Segenap Bangsa Indonesia.

“Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang akan menjadi tempat penugasan kalian, memiliki kerawanan berupa pergeseran patok tapal batas, pembalakan hutan, penambangan liar, mobilitas TKI ilegal, perdagangan ilegal serta penyelundupan narkoba dan minuman keras,” jelas Pangdam.

Baca Juga  Sungai Musi Meluap  Rumah Warga Dipinggiran Terendam

Pangdam mengharapkan agar keberadaan Satgas Yonarhanud 12/SBP di dua provinsi tersebut tidak saja dapat mengamankan wilayah perbatasan, akan tetapi juga mampu membantu mengatasi kerawanan-kerawanan tersebut.

“Oleh karena itu, laksanakan tugas ini dengan penuh totalitas dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Jalin komunikasi dan koordinasi dengan Polri, Pemda, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, Aparat Korwil setempat dan Tentara Diraja Malaysia yang bertugas di perbatasan,” ujar Mayjen TNI Yanuar Adil.

Pangdam juga menekankan agar setibanya di daerah penugasan, segera beradaptasi dengan lingkungan dan pahami situasi dan kondisi wilayah dengan berbagai permasalahan yang ada, serta lakukan analisa situasi dengan tepat, sehingga terhindar dari kesalahan dalam pengambilan keputusan.

“Jaga nama baik Kodam II/Swj dan hindari segala bentuk pelanggaran serta perbuatan tidak terpuji, dengan memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI di manapun kalian berada,” pungkas orang nomor satu di Kodam II/Swj ini.
Turut hadir dalam Upacara

Baca Juga  Guna Menciptakan Kamtibmas Yang Kondusif Dibulan Ramadhan Polda Sumsel Gelar Patroli KRYD

Pemberangkatan tersebut, Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, para Asisten Kasdam II/Swj, para Kabalakdam II/Swj, Danlanal Palembang, Danlanud SMH Palembang, Dandim 0418/Palembang, Ketua Persit KCK Daerah II/Swj beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Sriwijaya.

Selain itu, hadir juga sejumlah perwakilan unsur Forkopimda Sumsel, Wadansat Brimob Sumsel, GM IPC Pelindo Boom Baru dan Staf serta para tamu undangan lainnya. (*)

Komentar