Muba Segera Miliki Unit Kantor Keimigrasian

Berita Utama952 Dilihat

Muba Sumselpost.co.id,- Dibawah kepemimpinan PJ Bupati Muba ( Musi Banyuasin) Drs H Apriyadi Mahmud masyarakat Muba tak lagi harus keluar daerah untuk membuat Paspor. Pasalnya Kabupaten Muba bakal memilik Unit Kerja Keimigrasian(UKK) bahkan upaya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam mendekatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat itu akan segera terwujud.

Sebagaimana diketahui, UKK ini berfungsi sebagai perpanjangan tangan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang dalam melakukan pelayanan keimigrasian seperti penerbitan paspor izin tinggal untuk orang asing sekaligus pengawasan terhadap orang asing.

Sedangkan kantor UKK yang dibangun di eks Rumah Dinas Camat Sekayu tersebut akan diresmikan pada awal Desember 2023 mendatang.

Baca Juga  Polda Sumsel Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir di Muratara

Hal ini terungkap dalam Rapat Rencana Peresmian Kantor UKK Migrasi Sekayu, yang dipimpin oleh Pj Sekda Muba Musni Wijaya SSos MSi bersama kepala perangkat daerah terkait, di Ruang Rapat Serasan Sekate Sekretariat Daerah Kabupaten Muba, Senin (31/7/2023).

Dalam rapat tersebut, Pj Sekda Muba mengatakan Pemerintah Kabupaten Muba akan mendukung penuh pembangunan UKK. Untuk itu ia menghimbau kepada perangkat daerah terkait agar mempersiapkan segala kebutuhan dan keperluan, baik dari sisi ketersediaan anggaran maupun teknis operasional sehingga pelaksanaannya berjalan sesuai harapan.

“Untuk fisik kantor operasional harus di selesaikan. Harusnya tidak ada masalah terkait persiapan sarana dan prasarana (Pembangunan UKK),” kata Musni Wijaya.

Baca Juga  Polres Muba Gelar Acara Nonton Bareng Pagelaran Wayang Kulit Secara Virtual

Ia juga meminta agar dapat dikoordinasikan lagi dengan pihak Kantor Imigrasi perihal apa saja yang perlu di penuhi Pemkab Muba.

“Tolong koordinasikan lagi, apa yang menjadi tanggungjawab pemerintah daerah,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu H Riki Junaidi AP MSi menyampaikan bahwa sudah koordinasi dengan pihak Kantor Imigrasi Palembang, dan siap mengakomodir kebutuhan yang diperlukan.

“Dari sisi anggaran sudah koordinasi kan semua. Terkait kebutuhan yang diperlukan Kantor Imigrasi Palembang kita coba akomodir,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP yang diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Achmad Kartiko Buwono menyatakan siap mendukung persiapan jaringan internet di UKK tersebut.

Baca Juga  Warga Bakung Ogan Ilir Protes Terkait Debu Hitam Dari Pabrik Triplek

“Untuk persiapan jaringan internet, kita siap mendukung dan menyesuaikan kebutuhan bandwidth yang diperlukan,” pungkasnya. (Ulandari)

Komentar