Tragedi Rempang Riau, Bang Japar Komda Sumsel Nyatakan Sikap

Berita Utama1561 Dilihat

Prabumulih Sumselpost.co.id –  Tragedi Rempang Kepulauan Riau (Kepri) terus menjadi sorotan dari berbagi pihak, baik itu dari kalangan intelektual,Ormas, mahasiswa, bahkan hingga masyarakat luas lainya.

Begitupun yang ditegaskan oleh Pernyataan Sikap oleh Bang Japar Komda Sumsel, sehubungan dengan terjadinya Rempang Kepulauan Riau, yang menyatakan sikap sebagai berikut
(1). Bahwa Negara khususnya Pemerintah Republik Indonesia baik di Pusat maupun di daerah harus mempedomani tujuan didirikan negara Republik Indonesia yang termaktub didalam UUD 1945 Alenia ke 4, bahwa Pemerintah Negara Indonesia adalah Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.( 2). Mengecam kekerasan aparat terhadap warga masyarakat Pulau Rempang Galang Kepulauan Riau.
(3). Menuntut seluruh aparat negara menghentikan penggunaan kekerasan dan segera membebaskan warga yang ditangkap serta tidak ada intimidasi terhadap masyarakat Melayu Rempang.
(4). Mendesak otoritas negara mengedepankan cara-cara persuasif dengan cara bermusyawarah, menghargai budaya yang hidup dalam masyarakat lokal dan mengedepankan solusi dengan masyarakat setempat agar ada solusi yang adil dan bijaksana dengan mengedepankan kepentingan rakyat.
(5). Negara harus mengevaluasi Proyek strategis nasional dari Investor asing yang merugikan rakyat, karena dikhawatirkan hal tersebut menjadi pintu masuk penjajahan berkedok investasi asing.
(6). Mendoakan agar Masyarakat Melayu Rempang diberkahi Allah SWT kekuatan dan kesabaran dalam perjuangan ini.

Demikian ditegaskan dalam peryataan sikap oleh Bang Japar Komda Sumsel pada (17/09/2023), yang diketuai oleh Komandan Harnel Verry,

Sementara ketua Koordinator Wilayah BJP Komda Sumsel Kota Prabumuih Usman Firiansyah,SH, menyatakan, bahwa pernyataan sikap ini, terkait tragedi Rempang Kepulauan Riau, yang mana kita ikut prihatin atas tragedi di tanah air kita sendiri, dan dalam penyataan sikap tersebut, juga dihadiri
beberapa Korwil Palembang, Korwil Prabumulih serta Korwil Banyuasin,
plus Srikandi Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara),”Pungkas Usman Firiansyah,SH (JN).

Komentar