Sultan Palembang Berikan Penghargaan  Kesejumlah Tokoh Dari Dalam dan Luar Negeri

Berita Utama258 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Setelah sebelumnya sempat ditunda lantaran Covid-19, Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH MKn kembali memberikan penghargaan berupa Darjah (Anugerah) Kehormatan kepada para tokoh dari luar negeri yaitu negara Malaysia dan Singapura  termasuk dari dalam negeri sendiri, di Balairung Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Jumat (24/5).

Hadir diantaranya Mufti Kesultanan Palembang Darussalam Pangeran Muhammad Mustofa, tokoh Sumsel-Babel yang juga Penasehat Malindo Business and Cultural Center (MBCC), Dato’ Sri H Ramli Sutanegara, Dato’ Pangeran Puspo Zainal Abidin,  Pangeran Mas’ud Khan, Dato’ Pangeran Suryo Kemas Ari Panji, Dato’ Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani), Pangeran Nato RM Rasyid Tohir, Pangeran Yudo Heri Mastari, Pangeran Kusumo Raden M Rian Zakaria Jauhari, Pangeran Suryo Ali Goik, Pangeran Sastro Fir Azwar, Putri Ayu Sastro Isnayanti, Radenayu Rahmaniah, Imansyah, dan Youtuber Palembang Mang Dayat.

Dalam acara tersebut  juga  dihadirkan pusaka dari Kesultanan Palembang Darussalam terdiri dari Alquran, keris dan pedang.

Pada kesempatan tersebut SMB IV  memberi gelar Maharajalela kepada Dato’ Buani Atigi Abd Rahman , Presiden Maindo (Malaysia-Indonesia) — Chamber of Commerce and Business, asal Malaysia sebagai wakil pribadi luar negeri SMB IV Jaya Wikrama.

Lalu mengukuhkan gelar Dato’ kepada dua orang dari Indonesia yaitu Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Marwan Al Ja’fari.

Lalu  putra Bangka Belitung  juga mendapatkan gelar Dato’/DPMP, yakni Rudi Suyanto warga Desa Air Mesu Kabupaten Bangka Tengah.

Selain itu juga menganugerahkan gelar Dato’ sekaligus gelar Darjah Paduka Mahkota Palembang katagori luar negeri kepada  Dato’ Lee Kok Sun, Datin Yang Yaojiang dan Dato’Abu Bakar Bin Ismail dan istrinya Datin Zakiah Binti Muzakki.

Selain itu tokoh -tokoh dilluar negeri yang juga  mendapatkan bintang tanda jasa Kesultanan Palembang Darussalam yaitu  Mohd Azly Bin Mohd Yazid, Nur Insyirah Binti Azhar dan Tee Cheng Chuan (Jackie).

Baca Juga  Pemantapan Tim Forum Barisan Kawan Deru  Dikomandoi Ruswaji

Pemberian penghargaan ditandai dengan pengalungan selempang hijau-merah-hijau garis kuning, mulai dari bahu kanan ke pinggang kiri penerima gelar dan penyerahakan watikah Kesultanan Palembang Darussalam. Terakhir pembacaan sumpah.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan sekarang karena usai wabah Covid-19.

“ Tapi bukan hanya orang luar, ini juga orang didalam negeri juga ada, total tadi ada 4 Dato’, dua lokal, dua dari luar dan juga ada tiga orang menerima bintang tanda jasa Kesultanan Palembang Darussalam karena sudah membantu kebudayaan di  Sumatera Selatan terutama di Kesultanan Palembang Darussalam jadi  totalnnya semuanya ada 7 orang ,” katanya.

Sedangkan kreteria yang mendapatkan gelar tersebut menurut SMB IV adalah keinginan untuk memajukan budaya dan juga menyatukan kita sebagai budaya serumpun.

Baca Juga  Cicit Kiyai Marogan Masagus Ahmad Fauzan Yayan Ambil Persyaratan di Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang

Dalam kesempatan tersebut SMB IV  juga mengingatkan kepada penerima gelar untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawanan, khususnya yang dicontohkan Sultan Mahmud Badaruddin II yang gagah berani.

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Dato’ H. Marwan Al Ja’fari mengapresiasi penghargaan tersebut.

Dato’ H. Marwan DPMP mengucapkan terima kasih kepada  Sultan Palembang SMB IV atas gelarnya  tersebut.

“Junjung kasih untuk Sultan. Kita berharap, solidaritas Melayu yang terjalin lintas daerah bahkan negara ini terus berlangsung dan semakin menguat dari waktu ke waktu,” kata Dato’ Marwan.

Komentar