Tak Ada Gangguan Teroris, DPR: BNPT Hadirkan Situasi Kondusif di Momen Idul Fitri 1445 H

Nasional84 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Anggota Komisi III DPR RI Sarifuddin Suding menilai Badan Nasional Penanggulana Terorisme (BNPT) telah berhasilkan hadirkan situasi kondusif di momen Idulfitri 1445 H/2024 M. Hal itu terbukti tidak adanya gangguan terorisme dan radikalisme dalam menyambut lebaran tersebut.

“Kami memberikan penghargaan kepada BNPT karena melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga ancaman dan gangguan terorisme maupun radikalisme tidak terjadi pada lebaran kali ini,” kata Sarifuddin di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Menurut Sarifuddin, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terhitung kondusif pada lebaran tahun ini. Masyarakat, ia melanjutkan, bisa menjalankan ibadah tanpa satu pun gangguan, termasuk dari ancaman terorisme dan radikalisme.

Situasi itu, kata Sarifuddin, bisa terjadi karena upaya pencegahan yang dilakukan BNPT mampu mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan tersebut.

“Walaupun upaya itu secara keseluruhan memang belum efektif dan optimal, tapi sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujar politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Baca Juga  Herman Khaeron Tegaskan DPR Tak lagi Kejar Jumlah UU, Tapi Kualitas UU

Sarifuddin berharap seluruh aparat keamanan selalu waspada dan tetap mengantisipasi bahaya terorisme maupun radikalisme pada setiap momen, tidak hanya saat lebaran saja. “Dan (BNPT) harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya terorisme dan radikalisme,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BNPT, Mohammed Rycko Amelza Dahniel, mengimbau seluruh jajarannya untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan kewaspadaan terhadap segala bentuk radikalisme dan terorisme, terlebih menjelang momentum mudik dan juga Hari Raya Idulfitri 1445 H.

“Optimalkan upaya pencegahan dan kewaspadaan terutama dalam momen lebaran,” kata Rycko dalam keterangan tertulis kepada media, di Jakarta, Jumat (5/4/2024).(MM)

Komentar