Sutoko : PPDB  Mengacu  Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021

Berita Utama550 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Press Konpers Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menggelar persiapan Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025 kepada seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK di Kota Palembang. Yang di gelar di Aula lantai 3 SMA Negeri 17 Palembang, Kamis (18/4/2024).

Yang menghadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan seluruh staf Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan serta Guru-guru yang ada di SMA Di Palembang

Kepala Dinas pendidikan provinsi Sumatera Selatan H. Teddy Meilwansyah, S.STP, M.M., M.Pd. melalui PLH Drs H Sutoko MSi., mengatakan mengenai substansi PPDB serta dasar hukum yang menjadi landasan pelaksanaannya.

Baca Juga  Diduga Gelapkan Dana Caleg Miliaran Rupiah

Sutoko Menyampaikan, pemerintah provinsi akan menyelenggarakan PPDB dengan mengacu pada Permendikbud nomor 1 tahun 2021 serta regulasi terkait lainnya, termasuk Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, keputusan Dirjen PAUD, dan Peraturan Gubernur. Dia juga menegaskan pentingnya penetapan jalur PPDB, di mana zonasi, afirmasi, mutasi, dan prestasi menjadi fokus utama.

Lanjutnya, ada beberapa SMA dikecualikan dari jalur PPDB reguler, seperti sekolah olahraga negeri Sriwijaya, SMA negeri yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus, dan sekolah daerah dengan jumlah peserta didik yang tidak memenuhi ketentuan.

Baca Juga  Dugaan Terjadi Penggelembungan Suara di Banyuasin

” Tapi daya tampung peserta didik telah ditetapkan sesuai amanat sekjen Kemendikbud, di mana satu rombongan belajar hanya boleh maksimal 36 siswa. Proses penetapan ini telah melalui proses panjang dan ditetapkan dengan surat keputusan dari masing-masing satuan pendidikan,”tuturnya.

Lebih lanjut Sutoko menambahkan, Dalam hal keuangan, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan menegaskan larangan untuk mengaitkan biaya-biaya keuangan dengan tahapan PPDB. Selain itu, pembahasan mengenai pengelolaan dana komite sekolah juga menjadi sorotan.

Baca Juga  Bentor Sarana Lebaran Jadi Fenomena Tersendiri Bagi Warga OKI

” Harapannya berita ini dapat memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami kepada masyarakat Palembang dan sekitarnya mengenai persiapan PPDB 2024-2025 di wilayah Sumatera Selatan,” pungkasnya. (niken)

Komentar