Seminar Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial dan Generasi Z

Uncategorized538 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co id – Setelah Pelantikan Pengurus DPD Provinsi SumSel, DPC ISKA Kabupaten OKU, DPC ISKA Kabupaten OKI. Dilakukan seminar Pendidikan Politik Bagi Generasi Milenial dan Generasi Z. Yang di gelar di Aula Lantai 3, Gedung Yoseph FST, Universitas Katolik Musi Charitas, Jalan Bangau No 60 Palembang, Sabtu ( 4/3/2023).

Yang menghadiri seminar ini Uskup Agung Palembang Mgs. Yohanes Harun Yuwono dan Rektor Univeritas Katolik Musi Charitas Dr. Antonius Singgih Setiwan SE., M.Si. sebagai Pengantar/Keynote, Presidium Pusat ISKA Prasetyo Nurhardjanto dan Dosen Fisip UNSRI Dr. Andries Lionardo M.Si sebagai Narasumber.

Presidium Pusat ISKA Prasetyo Nurhardjanto mengatakan, Seminar ini sangat penting untuk menyingkapi sikap politik anak milenial khususnya di Sumatera Selatan karena pemilu sudah semakin dekat, dan kita perlu memberikan bekal yang positif untuk Generasi Milenial dan Generasi Z .

Baca Juga  Pemkot Pagaralam Laksanakan Safari Ramadhan

Prasetyo menuturkan Generasi Milenial adalah orang-orang yang lahir tahun 80 sampai tahun 2000, artinya mereka yang sudah pernah ikut pemilu. Sedangkan Generasi Z adalah generasi yang lahir setelah tahun 2000 dan belum mempunyai pengalaman memilih.

“Kami ingin memberikan mindset yang positif dalam berpolitik sejak awal, agar mereka tidak berpikir bahwa berpolitik itu tidak selalu kotor, politik itu bisa dibuat bersih, politik bisa dilakukan secara benar, itu sasaran kami,” Terangnya.

Prasetyo berpesan kepada Generasi Z untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu tahun 2024 nanti, mereka harus datang ke TPS dan memilih orang yang dianggap sudah bersih berdasarkan proses politik yang sehat.

Baca Juga  Hari ini Kapolres Muara Enim Makan Nasi Bungkus Bersama Bintara Remaja Polri

“Generasi Z harus ikut terlibat dalam proses politik, tanpa peran dan partipasi mereka bangsa Indonesia tidak akan mengalami kemajuan,” Tukasnya.

Sementara itu, Dosen Fisip UNSRI Dr. Andries Lionardo M.Si menambahkan, Kegiatan Yang dilaksanakan oleh ISKA hari ini sangat penting bagi kita semua khususnya generasi muda, dimana Indonesia akan mengalami peradaban yang luar biasa pada tahun 2045 nanti, oleh karena itu kita harus menyiapkan calon pemimpin masa depan Indonesia dari Generasi Milenial dan Generasi Z.

“Kita semua akan mengawal mereka untuk memiliki pendidikan politik yang lebih tinggi dan lebih luas lagi, mereka harus memiliki pemahaman tentang kecintaan tanah air dan negara,” Ujarnya.

Indonesia merupakan negara yang besar dan luar biasa baik dari sisi Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dibutuhkan generasi muda yang bisa memimpin Indonesia dengan ilmu dan pemahaman yang luar biasa terhadap demokrasi politik dan ekonomi.

Baca Juga  Sepi Ditemukan Tewas di Dalam Rumah

“Generasi Milenial adalah kelompok pemilih yang berbasis sosial media, jadi para pemilih milenial harus bisa mengenali calon legislatif, calon kepala daerah dari Visi Misi yang ditawarkan, dari trakniktop yang ada, kemampuan atau keyakinan calon tersebut yang mampu memimpin Indonesia lebih baik lagi,” pungkasnya.

( Ocha

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar