Segera Terbitkan PETA, Team Topdam II/Sriwijaya Turun Ke Wilayah RDOB RL2

Berita Utama1580 Dilihat

Muara Enim Sumselpost.co.id -Menindaklanjuti usulan pembuatan PETA wilayah serta tentang titik koordinat tapal batas Rencana Daerah Otonomi Baru (RDOB) Rambang Lubai Lematang (RL2) Team Topografi Kodam (Topdam) II/ Sriwijaya turun kelapangan dengan disambut para pengurus Presidium Pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2) didesa Lubuk Raman Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim Sabtu (27/04/2024).

Pimpinan Team Topografi Kodam (Topdam) II/Sriwijaya Peldtu Rudi, mengungkapkan, turunnya team Topdam guna menindak lanjuti usulan pembuatan PETA wilayah RDOB RL2, serta mengetahui langsung terkait titik-titik koordinat wilayah RDOB RL2 yang kini syarat administrasi usulan pemekaran wilayah telah mencapai 80 persen.

Lanjutnya, Team Topdam segera akan menyelesaikan dan menerbitkan PETA wilayah RDOB RL2 yang telah diusulkan, serta berharap apa yang telah menjadi dukugan dari masyarakat Enam Kecamatan di RDOB RL2 dalam waktu 3 bulan ini pemetaan ini segera selesai,”ungkap Peltu Rudi, selaku pimpinan Team Topografi Kodam II Sriwijaya didesa Lubuk Raman Sabtu (27/04).

Baca Juga  Semarak dan Meriahnya HUT RI ke-78 di Pelitasari Kelurahan Pasar 1 Muara Enim

Ketua Presidium RDOB RL2 Usman Firiansyah,SH, didampingi para pengurus Presidium RL2 serta Penasehat Presidium RL2 dan beberapa tokoh masyarakat, mengajak seluruh pengurus Presidium RL2 serta komponen masyarakat melalui rapat RDOB Kabupaten Rambang Lubai Lamatang (RL2) bersama Team Topdam II/Sriwijaya yang telah turun kelapangan secara langsung ini, kita semuanya untuk tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan demi terwujudnya Pemekaran Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2).

Lanjut Usman, bahwa dalam kajian Akademik yang telah diusulkan serta dibuat, RDOB RL2 sudah siap serta sudah sangat layak dimekarkan, karena selain terdapat Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah seperti Minyak dan Gas (Migas) tersebar di 6 Kecamatan yang kita miliki tersebut, tentunya kita juga telah mumpuni mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersaing dengan daerah lain. “Kita tegaskan hakekat Perjuangan RDOB RL2 demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga  Lupa Matikan Kompor Gas, Rumah Rusmala Ludes Terbakar

“Seperti percepatan pelayanan bagi masyarakat karena akses terlalu jauh dengan Kabupaten Induk Muara Enim serta percepatan pemerataan pembangunan disegala sektor, dan juga tak kalah pentingnya demi anak dan cucung kita yang kelak akan mengisi berlangsungnya Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2) yang sejahtera, sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang,”tegas Ketum Presidium RDOB RL2 Usman Firiansyah, SH.

Ditambahkan Usman, ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Team Topografi Kodam II/Sriwijaya yang telah hadir langsung kelapangan guna menindaklanjuti usulan percepatan penerbitan PETA wilayah RDOB RL2,”tambah Usman.

Diketahui, bahwa usulan Rencana Daerah Otonomi Baru (RDOB) Rambang Lubai Lematang (RL2) memiliki 6 Kecamatan, Yakni Kecamatan Rambang Niru,Empat Petulai Dangku, Belimbing, Lubai, Lubai Ulu dan Rambang, dengan memiliki sebanyak 70 Desa, serta dengan luas wilayah 2307,9 Km dan jumlah penduduk berdasarkan BPS 182.000 Jiwa.

Baca Juga  Polrestabes Palembang Kerahkan 450 Personel Polisi, Amankan Ziarah Kubro

Diketahui juga, bahwa RDOB RL2 juga telah diakui dan disetujui oleh pihak Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) Sumsel, serta didukung melalui persetujuan penandatangan oleh forum Kades 6 Kecamatan, forum BPD 6 Kecamatan, Tokoh masyarakat, Karang Taruna, dan unsur masyarakat lainnya sesuai dengan persyaratan yang telah diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP). (Jn)

Komentar