Ribuan Umat Islam di Palembang Padati Masjid Agung

Uncategorized411 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Walikota Palembang Harnojoyo dan ribuan masyarakat memadati Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo Palembang atau Masjid Agung Palembang untuk melaksanakan Shalat Idul Adha, Kamis (29/6).

Dari pantauan di lapangan ribuan umat muslim berbondong-bondong menuju ke Masjid Agung dari pukul 06.00 pagi supaya tidak terlambat untuk melaksanakan Shalat Idul Adha.

Namun shalat Ied Idul Adha kali ini tidak seramai saat pelaksanaan shalat Ied Idul Fitri beberapa bulan lalu.

Shalat yang dimulai sekira pukul 07.20 , warga terlihat sangat khusuk kendatipun mereka shalat ada yang di jalan raya.
Bertindak sebagai Imam Kgs Abdul Rasyid Sidik Sag Alhafiz dan khotib , Ustad Kemas Andi Syarifuddin Sag.

Hadir diantaranya Walikota Palembang H Harnojoyo, Ketua pengurus Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo Palembang Ir H Abdul Rozak, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono, tokoh masyarakat Sumsel yang juga Ketua Dewan Pembina Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo Kemas H Halim Ali dan masyarakat kota Palembang.
Selain itu shalat Ied Idul Adha tahun ini merupakan shalat Ied Idul Adha terakhir bagi Walikota Palembang H Harnojoyo lantaran masa jabatan Wali Kota Palembang Harnojoyo akan segera berakhir, 18 November 2023 mendatang

Baca Juga  Belum 24 Jam Nikmati Hasil Maling Pipa Perusahaan, Randika Diamankan Polsek Lembak

Walikota Palembang H Harnojoyo mengaku kalau shalat Ied kali ini adalah shalat Ied terakhir bagi dirinya .

“Saya terakhir kali ini mengikuti acara sebagai panitia di hari lebaran karena suka tidak suka tugas kami akan berakhir di tanggal 18 November 2023,” katanya.

Oleh karenanya menurut Harnojoyo dirinya berharap dan berpesan kedepan semoga dihari-hari berikutnya acara yang seperti ini seperti perayaan hari besar dapat berjalan dengan baik dan lancar
Ketua pengurus Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo Palembang Ir H Abdul Rozak mengaku Yayasan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo telah menerima titipam hewan kurban dengan jumlah sapi sebanyak 16 ekor dan kambing sebanyak 14 ekor.

Menurutnya mereka yang menitipkan kurbannya di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo adalah Presiden RI, Gubernur Sumsel , Keluarga Besar H Herman Deru, Walikota Palembang, Kodam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, keluarga besar Kemas H Halim Ali, Keluarga besar Djan Farid di Jakarta, Keluarga Besar Budi Irawan, , Bank Sumselbabel, pengurus Yayasan Masjid Agung Palembang, PT Konakami Digital Indonesia, Kasad Jendral Dudung Abdurachman.

Baca Juga  Kuasa Hukum Terdakwa HJ, Desak Kejari Prabumulih Jadikan TSK Kasek dan Bendahara Panwaslu Prabumulih

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kepercayaan yang diberikan Insya Allah akan kami laksanakan penyembelihan dengan baik, bersih dan halal dan dagingnya akan segera kami bagikan kepada orang-orang yang memang berhak menerimanya , hari ini juga akan kita lakukan penyembelihan dan Insya Allah dilaksanakan sampai selesai,” kata Rozak.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo tahun ini menurutnya berkerjasama dengan pengurus wilayah Juleha (juru sembelih halal) .

Sedangkan khotib, Ustad Kemas Andi Syarifuddin Sag dalam ceramahnya mengatakan Idul Adha adalah hari raya pengorbanan , kurban artinya mendekatkan , menghambaan diri kepada keridhaan tuhan.

Dan Rasullah SAW menganjurkan kepada kita menyembelih hewan kurban sebagai lambang ketaatan dan kesediaan kita berkorban dimana untuk menegakkan kebenaran dan keadilan di muka bumi ini.

Baca Juga  Lestarikan Warisan Leluhur, TNI -Polri Nobar Wayang Kulit di Polres Muara Enim

Selain itu menurutnya di hari raya Idul Adha ini sebagai harapan semoga saudara-saudara kita yang menunaikan ibadah haji tahun ini akan senantiasa sehat walafiat dan dapat kembali suci, bersih dan menjadi haji yang mabrur sehingga benar-benar akhlak dan prilakunya menjadi contoh dan teladan yang baik dalama masyarakat.

“ Begitupula saudara-saudara kita yang belum berkesempatan melaksanakan ibadah haji kita berdoa agar kiranya dapat memenuhi panggilan Allah SWT menyempurnakan rukun Islam dengan beribadah haji ke tanah suci,” katanya.

Usai shalat Ied, Walikota Palembang H Harnojoyo menuju lokasi penyembelihan sapi dan secara simbolis menyerahkan sapi dari Walikota Palembang kepada Ketua pengurus Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikromo Palembang Ir H Abdul Rozak.

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar