Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Palembang 1340, Sultan Palembang Doakan Masyarakat Palembang

Uncategorized767 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – DPRD Kota Palembang menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka peringatan hari jadi Kota Palembang ke-1340 Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang, Sabtu (17/6) pagi.

Hadir Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn diwakili M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Gubernur Sumsel H Herman Deru, Wali Kota Palembang H Harnojoyo, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, dan unsur Forkopimda lainnya.

Secara khusus Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn mengucapkan selamat hari jadi Kota Palembang ke-1340.

“ Semoga Palembang ini masyarakatnya selalu di beri kesejahteraan dan keselamatan, karena pada zaman dulu Palembang disebut Palembang Darussalam, tempat keselamatan, jadi mudah-mudahan dalam menghadapi Pilkada tahun depan ini mudah-mudahan Palembang ini menjadi Palembang yang berada di zona yang selalu kompak dan tidak terjadi konflik disini,” kata SMB IV .

Selain itu SMB IV berharap kota Palembang dalam menghadapi pemilu dan pilkada tahun depan nantinya tidak terjadi konflik baik konflik horizontal dan konflik vertikal.

Baca Juga  Deklarasi dan Pelantikan Pengurus  FPPM Kota Palembang

“ Dan mudah-mudahan masyarakat Palembang dan kota Palembang diberikan kemakmuran dan diberikan kebahagiaaan ,” katanya.

Apalagi pria yang berprofesi sebagai notaris mengakui kedepan banyak pekerjaan rumah Palembang yang harus segera diselesaikan seperti bebaso Palembang yang sampai saat ini belum masuk dalam muatan lokal.

Lalu Benteng Kuto Besak (BKB) hingga saat ini belum bisa dinikmati oleh masyarakat dan simbol-simbol Palembang sebagai kota warisan sejarah melayu ini belum ada penguatan oleh Pemerintah Kota.

“ Sebaiknya kedepan penguatan-penguatan identitas itu lebih ditekankan supaya kita tidak hilang jati diri atau identitas sebagai wong Palembang yang merupakan bagian dari masyarakat melayu,” katanya.
Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengungkapkan semua pihak harus bersinergi dalam pembangunan Kota Palembang serta mewujudkan visi dan misinya.

“Saya ucapkan selamat HUT ke-1340 untuk kota kita tercinta,” katanya.
Sedangkan Wali Kota Palembang H Harnojoyo menyampaikan capaian Kota Palembang di usia ke-1340.

Harnojoyo mengatakan untuk mendorong kemajuan perekonomian baik secara nasional maupun di daerah, tidaklah cukup hanya mengandalkan investasi dari pemerintah.

Baca Juga  Rindu Berbuat Kebaikan Ala Bikers Soleh Honda Community

Sektor swasta juga harus diberikan peran yang lebih besar dalam berinvestasi.

“Hingga saat ini, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Palembang mencapai 5,25 persen,” kata Harnojoyo.

Angka tersebut, lanjut Harnojoyo menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2021 yang hanya tumbuh sebesar 3,11 persen dan sempat mengalami kontraksi sebesar 0,28 persen pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, Harnojoyo menambahkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga terus menunjukkan tren peningkatan, mencapai angka 79,47 dibandingkan dengan 78,72 pada tahun 2021.

Pencapaian IPM Kota Palembang ini lebih tinggi daripada Provinsi Sumatera Selatan 70,90 bahkan lebih tinggi daripada tingkat nasional 72,91,” tambahnya.

Masih kata Harnojoyo, bahwa tingkat kemiskinan telah mengalami penurunan hingga Maret 2022 menjadi 10,48 persen setelah mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebesar 11,34 persen akibat pandemi Covid-19.

“Capaian pada tahun 2022 ini bahkan lebih baik dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum terjadinya pandemi, di mana tingkat kemiskinan berada di angka 10,90 persen,” tambahnya.

Baca Juga  Pemekaran Rambang Lubai Lematang Jadi DOB Didukung Forkoda Sumsel

Untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Harnojoyo menjelaskan bahwa angkanya telah turun menjadi 8,20 persen, dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 10,11 persen.

“Indeks Gini (Rasio Gini) juga terus menunjukkan perbaikan menjadi 0,350 dibandingkan dengan angka 0,353 pada tahun 2021. Indeks ini menunjukkan bahwa kesenjangan atau ketimpangan pendapatan antara penduduk semakin mengecil dan semakin merata,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H Herman Deru mengungkapkan harapannya pada HUT Palembang ke-1340, apa yang diinginkan masyarakat Kota Palembang dapat teralisasi dan sejahtera.

“Harapan saya, cita-cita masyarakat Palembang agar terwujud dengan bukti nyata. Salah satunya saya melihat angka IPM meningkat, dan ini Ibu Kota Provinsi Sumsel sehingga menjadi displaynya Sumsel,” katanya.

 

Komentar