Pemkab Muba Komitmen Tingkatkan Dunia Pendidikan

Uncategorized320 Dilihat

Muba Sumselpost.co.id,- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang pendidikan yang merata dan berkualitas, mulai dari pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi.

Ini terefleksikan melalui peningkatan alokasi anggaran pendidikan sejak beberapa tahun terakhir. Dimana pada tahun 2022 mengalokasikan sebesar 24,2% dari total APBD, yang kemudian direalisasikan beberapa program, diantaranya pemenuhan sarana dan prasarana sekolah, program peningkatan kesejahteraan guru, serta tenaga pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Iskandar Syahrianto menuturkan saat ini komitmen tersebut terus diperkuat terlebih dibawah kepemimpinan Pj Bupati Drs H Apriyadi MSi.

“Banyak upaya yang telah dilakukan dan komitmen dalam penyediaan mandatori spanding minimal 20%, tahun 2023 ini menjadi momentum untuk peningkatan kualitas Guru dan tenaga kependidikan dengan pelatihan bagi 1000 guru atas kerjasama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) dan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP),” ujarnya, Senin (1/5/2023).

Baca Juga  Lagi, Feri Kurniawan Berceloteh Terkait Jalan Rusak Kepada Gubernur Sumsel

Saat ini tercatat ada 4787 orang tenaga pendidikan yang terdaftar sebagai ASN atau PPPK, dan 5390 non ASN di Kabupaten Muba.

Peningkatan pendidikan juga ditunjukkan melalui beberapa program diantaranya peningkatan kualitas sarana prasarana khususnya teknologi di sekolah-sekolah dalam wilayah Kabupaten Muba serta program beasiswa untuk guru, siswa dan mahasiswa.

“Sekarang ada total 1116 mahasiswa berprestasi, 30 mahasiswa santri dan 28 mahasiswa dari Sampoerna University telah menerima bantuan beasiswa sejak tahun 2021,” bebernya.

Baca Juga  Gasak Motor Beat Bagus Bermalam di Sel

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa perjalanan Kabupaten Muba dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata masih panjang, masih banyak pembenahan yang perlu dilakukan, untuk itu harus diselesaikan secara bersama-sama.

“Kerjasama dan koordinasi harus terus kita lakukan demi menciptakan generasi penerus yang kompeten berakhlak mulia dan berdedikasi untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Muba,” tandasnya.

Di kesempatan lain, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi menyampaikan bahwa Pemkab Muba akan terus memperhatikan pembangunan dunia pendidikan, oleh karena itu perlu didukung serta kerjasama oleh seluruh komponen.

“Kita harus saling bahu-membahu dari semua pihak dan pemerintah akan secara bertahap dan terencana sudah memprogramkan berbagai kegiatan untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan berkualitas,” ucapnya.

Baca Juga  Heboh, Kabid Laporkan Kasubag Perencanaan Karena Tamparan

Menurutnya, membangun dunia pendidikan merupakan bagian dari usaha meningkatkan kualitas SDM. “Kualitas SDM yang semakin baik akan menjadi modal kuat bagi daerah kita untuk terus berkembang dan lebih maju kedepannya,” Pungkas Apriyadi. (Ulandari/ril)

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar