Pemegang Kunci Ka’bah, Saleh Bin Zain al-Abidin al-Shaibi Meninggal Dunia

Nasional984 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari Dr. Saleh Bin Zain al-Abidin al-Shaibi. Ia adalah penjaga sekaligus pemegang kunci Ka’bah. Saleh Bin Zain al-Abidin al-Shaibi meninggal dunia pada Sabtu, 22 Juni 2024, pagi Waktu Arab Saudi (WAS). Ia menghembuskan nafas terakhir setelah sakit dalam jangka waktu cukup lama.

Dikabarkan MM News, Saleh Bin Zain al-Abidin al-Shaibi adalah penjaga Ka’bah ke-109 sejak peristiwa fathu Makkah. Saleh al-Shaibi menjadi penjaga Ka’bah sejak tahun 2013 setelah pamannya, Abdulqader Taha al-Shaibi, meninggal dunia.

Baca Juga  MKD Apresiasi Polri Tangkap Pemalsu Plat DPR

Raja Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyatakan duka cita mereka atas kepergian Dr. Saleh Bin Zain Al Abedin.

Tanggung jawab sebagai penjaga Ka’bah telah dipercayakan kepada putra-putra Al-Shaibi dan keturunannya. Amanah ini diberikan langsung oleh Rasulullah SAW setelah peristiwa Fathu Makkah atau penaklukan Makkah di tahun ke-8 Hijriah.

Baca Juga  Dipecat, TePi Curigai Kasus Asusila Hasyim Disandera, Jadikan KPU Tidak Netral dalam Pilpres 2024

Rasulullah SAW menyerahkan kunci Ka’bah kepada Uthman Ibn Abi Talha dan memerintahkan agar kehormatan itu harus selamanya tetap ada di keluarganya.

Tugas penjaga Ka’bah adalah untuk membuka dan menutup pintu Ka’bah di waktu-waktu tertentu. Pengadilan Kerajaan, Kementerian Dalam Negeri dan Pasukan Darurat berkoordinasi dengannya jika ada tamu negara yang ingin masuk ke bagian dalam Ka’bah.(MM)

Baca Juga  Ina Ammania Tegaskan Kesuksesan Ibadah Haji Bergantung pada Profesionalitas Petugas Haji

 

Komentar