Kriteria Dalam Memilih Pemimpin Pada Pilkada 2024 Menurut Tiga Pengamat Politik Sumatera Selatan

Berita Utama1242 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id -Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia, baik calon Bupati, calon Walikota, dan calon Gubernur akan dilaksanakan pada bulan November 2024 akan datang, berarti tinggal 5 bulan lagi. Para pengamat dan pemerhati politik di Sumsel ini pada hari Sabtu (21/06/2024) mengadakan konferensi pers di Pujasera resto jalan Veteran Palembang.

Para Pengamat dan pemerhati politik tersebut adalah Dr. Rahidin H. Anang, MS (Pengamat Politik, Pakar Komunikasi, sekaligus Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang), Bagindo Togar (Pemerhati Politik), dan Ir. H. Harpanto, M.Si (Mantan Sekretaris Umum Partai Golkar Sumsel).

Menurut Dr. Rahidin H. Anang, MS., ada lima kriteria seorang pemimpin kepala daerah, pertama, pemimpin itu harus tidak punya beban masa lalu, misalnya terlibat kasus korupsi, narkoba, berzina, dan kriminal, penipuan dan lainnya.

Baca Juga  Waduh, Nggak Bahaya Tah, Anak Sekolah Transportasi Seperti Ini

Kedua, punya kemauan dan kemampuan, sekarang banyak bertaburan baleho para balon pemimpin baik calon gubernur, walikota/bupati hanya mau saja, tapi belum tentu memiliki kemampuan, misal kebetulan suami atau istri ketua partai, maka ikut menjadi balon, mungkin suaminya pejabat atau punya duit, ikut juga menjadi balon, padahal baru muncul detik-detik terakhir ini saja, sangat belum teruji kemampuannya untuk memimpin suatu daerah agar masyarakatnya sejahtera, menciptakan keadilan, keamanan, kemakmuran. Ketiga, Berkarakter, punya moral misalnya; jujur, beretika, santun, sapon dan berkinerja yang baik, misalnya; kerja keras dan cerdas, pantang menyerah, pantang mengeluh, kerja tuntas. Keempat, Berintegritas, artinya seorang pemimpin itu mampu memancarkan kewibawaan dan bertanggungjawab, sehingga mampu mengayomi masyarakatnya. Kelima, Berani beresiko, jadi pemimpin itu berani dalam segala hal apalagi demi rakyat dan pembangunan daerah, harus memiliki jiwa petarung, papar rahidin h.anang.

Baca Juga  Terbukti Perintahkan Pungli, Ketua LSM Pusaka Gumay Enim Lestari Divonis Hakim 2 Bulan Penjara

Bagindo Togar mengatakan carilah pemimpin atau kepala daerah yang dapat menggunakan APBD untuk program pemanfaatan kepada masyarakat” Togar.

Terakhir Ir. H. Harpanto, M.Si menjelaskan tentang kepala daerah atau pemimpin itu punya Visi dan Misi, misalnya akan mengolah sampah menjadi pupuk, menjadi bahan bakar gas, membuka daerah wisata baru, berarti jelas Visi Misinya.

Baca Juga  Warga Bakung Ogan Ilir Protes Terkait Debu Hitam Dari Pabrik Triplek

Demikian beberapa kriteria calon kepala daerah dan pemimpin yang akan membawa kemajuan bagi daerah dan masyarakat yang dipimpinnya. Masyarakat harus bisa melihat dan mengamati calon pemimpin yang akan dipilihnya pada bulan November 2024 nanti.
(Kms. Sofyan Abdullah)

 

 

Komentar