KPD Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang Sepakat Selamatkan Naskah Kuno di Palembang

Berita Utama248 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id – Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang bersilaturahmi di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) Jalan Sultan Muhammad Mansyur, nomor 776, Bukit Lama, Ilir Barat II, Palembang, Jumat (31/5).

Rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang tersebut diterima oleh Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo Raden Muhammad Fauwaz Diradja SH MKn.

Hadir diantaranya, Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Kemas Ari Panji, Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani), Pangeran Yudo Heri Mastari, Putri Ayu Sastro Isnayanti, Youtuber Palembang Mang Dayat dan Genta.
Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo Raden Muhammad Fauwaz Diradja SH MKn mengatakan, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang ingin bersinergi dengan Kesultanan Palembang Darussalam karena banyak sekali data-data dari Kesultanan Palembang Darussalam yang bisa dimanfaatkan dan bisa pergunakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang.

Baca Juga  Pelaku Penembakan di Plaju di Tangkap

“Karena pada saat ini manuskrip-manuskrip kita menjadi atau bahan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang dan banyak sekali dokumen-dokumen kita yang bisa dijadikan dokumen arsip,” katanya.

Kerjasama ini akan dilakukan kedepan antara Kesultanan Palembang Darussalam dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang.

“Tadi sudah penjajakan kita mungkin bersama-sama membuat MoU atau apa dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang,” katanya.

Kepala Bidang Pengelolaan, Layanan dan Pemanfaatan Arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang, Arlina Dinasari sengaja ke Kesultanan Palembang Darussalam untuk melakukan penelusuran arsip berkolaborasi dengan Kabid Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang,

Baca Juga  Ustadz M. Marzuki Wahid, S.Pd.I Menjadi Khotib Jum'at di Masjid Zaidin Kebon Gede

“ Intinya kami disini penelusuran arsip yang bernilai sejarah kota Palembang termasuk salah satunya silsilah Kesultanan Palembang Darussalam yang ada disini, harapannya tentunya penyelamatan arsip kesultanan Palembang Darussalam di kota Palembang, “ katanya.

Dan kedepan pihaknya bisa bersinergi dengan Kesultanan Palembang Darussalam terkait dengan program kota Palembang juga melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang sebagai lembaga kearsipan daerah bisa bersinergi menyelamatkan arsip-arsip yang bernilai sejarah bagi kota Palembang.

Sedangkan Bidang Pengolahan , Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palembang, Meli menambahkan kalau pihaknya ingin bersinergi dengan Kesultanan Palembang Darussalam terkait pelestarian naskah kuno dengan mengalih mediakan, mengalih aksarakan naskah kuno yang ada di kota Palembang.

Baca Juga  Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel Tangkap Pelaku Promosi Judi Online, Dua Pelaku Pelajar

“Bulan depan memang ada bantuan dari Perpusnas untuk melakukan alih penyediaan naskah kuno , jadi kami berapa bulan ini melakukan penelusuran naskah kuno yang dimiliki masyarakat mungkin naskah kuno yang memang sudah genting , mungkin kami dahulukan pengalih medianya termasuk di sini juga,” katanya.

Komentar