Ketua DPR Soroti Evaluasi Sistem Keamanan Transportasi di Arus Balik Tahun Baru 2024

Nasional605 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Ketua DPR RI Puan Maharani menekankan pentingnya pemeliharaan sistem keamanan transportasi menyusul tabrakan kereta antara KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya yang menyebabkan 4 orang meninggal dunia. Apalagi saat ini memasuki masa arus balik libur tahun baru.

“Dukacita mendalam saya ucapkan atas tragedi kecelakaan KA Turangga dengan KA lokal Bandung Raya. Semoga korban meninggal dunia mendapat tempat terindah di sisi Tuhan, dan korban luka dapat segera diberi kesembuhan,” kata Puan, Jumat (5/1/2024).

Seperti diketahui, KA Turangga rute Kota Bandung-Surabaya bertabrakan dengan KA lokal Bandung Raya di jalur petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur pukul 06.03 WIB pagi tadi. Kecelakaan itu menyebabkan empat petugas KA tewas, terdiri atas masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti.

Baca Juga  DPD RI akan Buka Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu Di Setiap Kantor DPD RI di Ibu Kota Provinsi

Saat peristiwa terjadi, KA Turangga membawa 287 penumpang dan KA lokal Bandung Raya mengangkut 191 penumpang. Akibat kejadian ini, 35 orang mengalami luka-luka dan dirawat di sejumlah rumah sakit.

Puan berharap agar KAI bersama tim terkait lainnya segera menemukan penyebab dari insiden tersebut.

“Dengan begitu ada evaluasi dan perbaikan terhadap sistem keamanan transportasi publik. Tidak hanya untuk Kereta Api, tapi seluruh moda transporasi umum lainnya, termasuk di jalur darat yang rawan kecelakaan,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan juga meminta Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk terus melakukan pemantauan dan memastikan keamanan sistem pengelolaan di seluruh moda transportasi.

Baca Juga  LaNyalla: Pertemuan 10 November adalah Gerakan Pancasila Memanggil untuk Negeri

“Pastikan seluruh protokol dijalankan sesuai standar untuk meminimalisir human error yang dapat merugikan masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi. Pemerintah harus menjamin keselamatan warga yang melakukan mobilitas,” ungkap Puan.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK ini meminta KAI memberi pelayanan terbaik bagi korban kecelakaan KA Turangga dan KA lokal Bandung Raya. Puan menegaskan, semua kebutuhan korban harus difasilitasi dengan baik.

“Termasuk memfasilitasi calon penumpang yang terdampak dari insiden tabrakan kereta api,” ujarnya.

Puan berharap, masyarakat dapat menikmati akhir masa liburan dengan jaminan keamanan di jalanan. Untuk itu, Pemerintah, pihak pengelola jasa transportasi, Polri, dan instansi terkait diingatkan untuk memberi pelayanan terbaik.

Baca Juga  Silaturahim Presiden Jokowi dengan Kiai Sepuh di HBNO Tak Singgung Politik Praktis

“Pastikan seluruh SDM petugas bekerja dengan maksimal, infrastruktur transportasi terjaga, dan sistem keamanan di jalanan selalu optimal sehingga masyarakat bisa pulang ke rumah dengan selamat dan melanjutkan aktivitasnya kembali tanpa kurang satu apapun,” pungkas Puan.(MM)

Komentar