Jemaah Majelis Taklim Langgar Merdeka Menghadiri Pengajian dan Ruwahan

Berita Utama569 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id -Majelis Taklim Langgar Merdeka mengadakan pengajian pada hari Rabu bakdah Maghrib (06/03/2024) di 35 ilir Palembang. Penceramahnya adalah ustad Nurul Iman, mengkaji tentang Syarat Sah Puasa, Syarat Wajib Pusa, dan yang Membatalkan Puasa. Dalam penjelasannya bahwa Syarat Sah Puasa ada 4, yang pertama, beragama Islam, yang kedua, berakal, yang ketiga, bagi wanita tidak sedang datang haid, dan yang keempat, melaksanakan puasa di waktu yang ditetapkan yaitu di bulan Ramadhan. Sedangkan Syarat Wajib Puasa hampir sama dengan Syarat Sah Puasa, hanya ditambahi sudah baligh (kalau wanita 9 tahun kalau laki laki 15 tahun), dan tidak dalam keadaan hilang akal atau gila.

Baca Juga  Besok Ops Patuh Musi 2023 Digelar Polres Muara Enim

Ustad Nurul Iman menambahkan, “Hal hal yang membatalkan puasa ada 9, salah satunya memasukkan dengan sengaja suatu benda, yaitu benda padat, benda cair, benda gas, dan benda berupa asap ke dalam 5 lobang, yaitu lobang hidung, telinga, mulut, lobang kemaluan dan lobang dubur. Apabila memasukkan benda benda tersebut dengan sengaja maka puasanya batal.”

Sehabis pengajian di Langgar Merdeka dilanjutkan sholat Isya’ berjamaah. Setelah itu seluruh jemaah menghadiri undangan Ruwahan di rumah Kgs. A. Roni, salah satu anggota jemaah Majelis Taklim Langgar Merdeka.

Di acara Ruwahan di rumah Kgs. A. Roni tersebut diisi acara pembacaan Surat Yasin bersama sama, tausyiah oleh ustad Nurul Iman, dan ditutup dengan doa oleh ustad M. Ridwan H. Harun A. Roni.
(Kms. Sofyan Abdullah)

Komentar