Fenomena El Nino, Ini Penjelasan BPBD Pagaralam

Uncategorized505 Dilihat

Pagaralam, Sumselpost.co.id – BPBD Kota Pagaralam mengimbau masyarakat untuk waspada dengan fenomena alam El Nino. Kondisi alam akan kering pada saat musim kemarau, yang cukup panjang berlangsung.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana kebakaran,” demikian dikatakan Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jon Hasman SIp MM.

Menurut Jon Hasman, bencana alam seperti kebakaran Hutan dan Lahan ini susah untuk ditebak, karena itulah warga harus mewaspadainya.

Baca Juga  Taksi Online Terjatuh Dalam Jalan Sungai Sahang

Upaya, Lanjut Jon Hasman, yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan tak lain ialah dengan meningkatkan kewaspadaan.

“Memastikan kondisi kompor gas tidak dalam keadaan bocor, jaringan listrik di rumah benar-benar bagus, ataupun upaya lain yang dapat mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran,”bebernya.

Tambah Jon Hasman, kemudian, diminta masyarakat juga tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan, karena hal ini bisa berakibat fatal. Selain itu bagi masyarakat yang perokok diharapkan tidak membuang puntung rokok sembarangan, apalagi ketika berada di kawasan perkebunan dan hutan. Pasalnya, puntung rokok juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran. (Rep)

Komentar