Di KTT Prancis, Puan – Presiden Macron Sepakat Tingkatkan Kerjasama Kedua Negara

Nasional98 Dilihat

JAKARTA,SumselOst.co.id – Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia atau Women Speakers’ Summit 2024 yang diselenggarakan di Prancis. Di sela-sela acara, Puan bertemu dan berbincang dengan Presiden Prancis, Emmanual Macron.

Pertemuan dengan Presiden Macron itu digelar di Elysee Palace atau Istana Presiden Prancis yang berada di Paris, Kamis (7/3/2024). Adapun pertemuan tersebut dilakukan Presiden Macron untuk menyambut 24 Ketua parlemen perempuan yang mengikuti Women Speakers’ Summit 2024.

KTT Ketua Parlemen Perempuan sendiri yang berada di bawah naungan Inter-Parliamentary Union (IPU), asosiasi parlemen negara-negara di dunia, diselenggarakan pada 6-7 Maret 2024. Pertemuan dengan Presiden Macron digelar usai upacara pembukaan KTT di mana parlemen Prancis bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga  Ekonomi Bisa Tumbuh 5,3% Jika Konsumsi Domestik Terjaga

Dalam pertemuan dengan peserta Women Speakers’ Summit 2024, Presiden Macron didampingi oleh Ketua Majelis Nasional Prancis, Madame Yaël Braun-Pivet. Macron pun menanyakan kabar kepada para ketua parlemen yang hadir dan kondisi di negara masing-masing, termasuk Indonesia.

Saat berbincang dengan Presiden Macron, Puan menyinggung mengenai hubungan Indonesia-Prancis yang telah tumbuh dengan positif lebih dari 73 tahun. Ia mengatakan Prancis merupakan salah satu mitra terpenting Indonesia di Eropa. “Ini merupakan pencapaian membanggakan yang selalu menjadi perhatian kami di Indonesia,” kata Puan.

Kepada Macron, mantan Menko PMK ini juga berharap adanya peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Prancis. Khususnya, menurut Puan, kerja sama strategis dalam bidang politik,pertahanan, dan ekonomi. “Sebagai Ketua Parlemen, saya mendukung penuh berbagai inisiatif tersebut,” jelas Puan.

Baca Juga  DPR: Perlu Perubahan Regulasi Terkait KUA Sebagai Tempat Menikah Semua Agama

Terkait ekonomi dan investasi, Puan mendorong agar kerja sama kedua negara semakin ditingkatkan.

Presiden Macron pun setuju agar upaya peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Prancis terus dilakukan. Lewat Puan, ia juga mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas terlaksananya penyelenggaraan Pemilu di Tanah Air.

“Semoga hubungan bilateral Indonesia dan Prancis di masa yang akan datang akan terus meningkat,” sebut Presiden Macron.

“Indonesia adalah teman Prancis,” kata Macron.

“Terima kasih, Merci Beacoup,” jawab Puan.

Usai bertemu Presiden Macron, Puan bersama peserta KTT kembali ke lokasi acara penyelenggaraan Women Speakers’ Summit 2024. Pada forum bergengsi tersebut, para ketua parlemen perempuan dunia akan membahas berbagai hal menyangkut isu pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Baca Juga  Gelar Uji Kelayakan Bacaleg, PKB Targetkan 100 Kursi DPR RI

Puan menghadiri Women Speakers’ Summit 2024 didampingi oleh Anggota DPR RI, Charles Honoris dan Irine Yusiana Roba Putri. Turut mendampingi pula Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar.(MM)

Komentar