Baznas Musi Rawas Salurkan Bantuan Untuk Fakir dan Lansia Miskin

Berita Utama992 Dilihat

Musi Rawas, Sumselpost.co.id  – Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial penting yang harus ditanggulangi karena kemiskinan akan menimbulkan berbagai masalah.

Tentunya hal ini tidak boleh dibiarkan ujar ketua Baznas Kabupaten Musi Rawas KH .Bahana Jaalhaq Taqwallah,SP.dI,MA,CFRM
dikantor Desa Ketuan Jaya Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas pada acara penyerahan bantuan kepada Jompo Fakir dan lansia miskin.

Lanjut Bahana Baznas bekerja sama dengan pihak pemerintah terkhusus pemerintah Desa Ketuan Jaya terus ber upaya mengurangi atau menghilangkan predikat miskin didesa Ketuan Jaya ini yang merupakan desa Kampung Zakat binaan Baznas kabupaten Musi Rawas.

Pada hari ini sambung Bahana Baznas kabupaten Musi Rawas telah menunjukkan keseriusannya dalam menanggulangi kemiskinan terhadap masyarakat dengan memberikan Bantuan Sembako dan modal usaha untuk Penghidupan Orang Jompo sebanyak 25 lansia Fakir,miskin.

Dikatakan oleh Bahana Kampung Zakat Desa Ketuan Jaya akan menjadi program utama untuk pengentasan kemiskinan hingga nol persen baru pertama kali diluncurkan di kampung zakat Desa Ketuan Jaya ini.

Baca Juga  54 Personil Polres Muara Enim Naik Pangkat

Bentuk program yang dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan memberikan bantuan usaha produktif berbentuk modal usaha dan bantuan Konsumtif sembako untuk lansia fakir, miskin.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Musi Rawas kepada 25 lansia Fakir,miskin.

Dalam progam ini kita mencari lansia dan jompo yang sudah tidak bisa bekerja tapi keluarganya miskin.BAZNAS berkomitmen untuk menyantuni mereka. “Untuk program awal ini bantuan diberikan selama tiga bulan berturut-turut,” katanya.

Selanjutnya setelah tiga bulan akan dievaluasi lagi sambil kita cek lagi datanya masih valid atau tidak dan akan di lanjutkan lagi. Setelah lansia kemudian dilanjutkan untuk bantuan untuk anak yatim.

‘Kita akan mencari anak-anak yatim dan yatim piatu ,anak anak kecil yang belum bisa berkerja. Ibunya miskin atau kedua orang tuanya sudah tidak ada sedangkan yang mengasuh paman atau keluarganya juga miskin, kita BAZNAS selaku lembaga Pemerintah akan membantu kebutuhan hidupnya dan kebutuhan pendidikannya,” paparnya.

Baca Juga  Kapolda Sumsel Berikan Santunan Kepada Korban Perampokan dan Apresiasi Kepada Team Yang Berhasil Tangkap Pelakunya

Ditambahkannya, setelah anak-anak yatim ini selesai di Ketuan Jaya maka BAZNAS Kabupaten Mura akan mencari orang-orang usia produktif tapi miskin akan diberikan pelatihan dan pemberian modal secara bertahap sambil diberikan pelatihan. Mudah-mudahan nantinya akan menjadi orang-orang yang mampu menghidupkan dirinya sendiri bahkan nanti bisa memberi zakat atau Muzaki. “Kita targetkan sampai nol persen kemiskinan,” ujarnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada lansia selain indukan babon ayam kampung untuk ternak juga diberikan modal usaha serta sembako berupa beras, telor, mie instan, susu, gula, minyak goreng,gas elpiji termasuk token listrik Baznas berikan untuk satu bulan jelas Bahana.

Kades Ketuan Jaya, Hendri Saputra mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Mura yang telah memberikan bantuan untuk warganya.

Sementara itu Wakil ketua Bidang distribusi Nusvi Asyura Baznas Kabupaten Musi Rawas yang didampingi staf distribusi dan pendayagunaan Hery Kusnadi ditempat terpisah menambahkan bantuan yang di distribusikan Baznas di desa Ketuan Jaya berbentuk sembako,ternak,dan uang tunai untuk modal usaha fakir ,miskin .

Baca Juga  Belum Berikan Ganti Rugi Bandara Atung Bungsu Pagar Alam Segera Diambil Alih Warga

Untuk Jompo fakir kita berikan sembako dan untuk lansia miskin yang masih bisa ber usaha diberikan bantuan modal usaha ,juga ternak ayam kampung tergantung situasi dan ke inginan mustahik.

Bantuan kepada mustahik tersebut Ketua Baznas Mura Bahana sebelum nya telah menugaskan staf distribusi untuk survey kelokasi di desa Ketuan Jaya.

Staf Baznas dalam melakukan survey ditemani oleh para kadus dari pemerintahan desa.

Setelah data data calon mustahik lengkap hasilnya dilaporkan dengan Ketua Baznas ,pungkas Hery.(HK)

Komentar