Ustadz Nurul Iman : Fardhu Atau Rukun Berwudhu Adalah Empat Dalilnya Dari Al Qur’an dan Dua Dalilnya Dari Hadis

Berita Utama145 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co.id -Majelis Taklim Langgar Merdeka pada hari Rabu bakdah Maghrib (26/06/2024) mengadakan Ceramah Agama yang disampaikan oleh ustadz Nurul Iman. Beliau menjelaskan tentang bab Fardhu atau Rukun Berwudhu.

Ustadz Nurul Iman mengatakan “Fardhu atau Rukun berwudhu itu ada enam perkara, empat bersumber dari Al Qur’an surah Al Maidah ayat 6 dan dua dari Hadist nabi Muhammad SAW”ustadz Nurul Iman.

Baca Juga  Polda Sumsel Buru Pemilik Gudang BBM Solar Ilegal di OI

Keenam perkara tersebut adalah pertama, Niat di dalam hati bahwa ‘Aku berniat berwudhu untuk melaksanakan sholat karena Allah Ta’ala’ yang kedua membasuh atau membilas wajah, yang ketiga membasuh atau membilas kedua tangan, keempat mengusap kepala, kelima membasuh atau membilas kedua kaki, keenam tertib maksudnya dimulai dari yang pertama sampai yang kelima, tidak boleh ditukar yang kelima dibuat jadi nomor ketiga dan sebaliknya.

Baca Juga  The Zuri Hotel Palembang Hadirkan Nuansa Berbeda

Rukun berwudhu yang diperintahkan dalam Al Qur’an surah Al Maidah ayat 6 tersebut, yang nomor dua sampai nomor lima, kalau nomor satu dan nomor 6 diperintahkan dalam Hadist nabi Muhammad SAW.

Semoga dengan penjelasan ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kita dalam rangka memperbaiki cara berwudhu yang baik dan benar,” Pungkasnya.
(Kms. Sofyan Abdullah)

Komentar