Terdesak Berkendara Melewati Banjir? Simak Tipsnya

Berita Utama309 Dilihat

Muara Enim, Sumselpost.co.id – Melakukan aktivitas bepergian sehari – hari dengan menggunakan sepeda motor tentu dapat membuat aktivitas bepergian semakin mudah. Namun, di tengah musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi di Sumatera Selatan yang menyebabkan terjadinya titik banjir di beberapa area sehingga dapat menghambat aktivitas bepergian khususnya bagi pengendara bermotor.

Berkendara menggunakan sepeda motor melintasi banjir adalah situasi yang berpotensi berbahaya dan memerlukan kewaspadaan ekstra. Sehingga dalam keadaan terdesak melewati situasi banjir, pengendara perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan dan berkendara motor melintasi banjir :

1. Cek Kedalaman Air
Sebelum memasuki banjir, cek kedalaman air dengan hati-hati. Jangan memasuki banjir yang terlalu dalam karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius.

Baca Juga  Apel Penyambutan dan Pelepasan Kapolres Muara Enim Penuh Haru

2. Gunakan Perlengkapan Keselamatan
Pengendara wajib mengenakan helm SNI serta perlengkapan keselamatan lainnya seperti jas hujan atau jaket tahan air dan sarung tangan.

3. Kurangi Kecepatan
Dalam situasi banjir pengendara wajib mengurangi kecepatan untuk menghindari tergelincir dan kehilangan kendali.

4. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain
Jaga jarak yang aman dengan kendaraan lain untuk menghindari tabrakan dan semprotan air yang mengganggu.

5. Perhatikan Lubang dan Rintangan
Perhatikan lubang atau rintangan yang mungkin tersembunyi di dalam air. Hindari lubang dan rintangan untuk mencegah kerusakan pada motor atau kecelakaan.

Baca Juga  Diknasbud Muba Ingatkan Sekolah Jangan Alergi Dengan Wartawan

6. Gunakan Kaki sebagai Penyeimbang
Jika diperlukan gunakan kaki sebagai penyeimbang dengan menempelkan ujung sepatu di tanah untuk menjaga keseimbangan.

7. Pastikan Mesin Motor Tetap Hidup
Usahakan untuk menjaga mesin motor tetap dalam keadaan menyala sebisa mungkin dengan tarikan gas stabil. Hindari memainkan gas naik turun karena akan membuat air masuk ke filter udara atau sistem pembakaran mesin.

Dalam keadaan terdesak terkadang mengharuskan pengendara bermotor untuk melewati situasi banjir sehingga sangat penting untuk memahami cara berkendara aman dalam situasi banjir.

Baca Juga  Astra Motor Sumsel Ajak Dinas Perkebunan Sumsel 

“Pengendara bermotor wajib memastikan bahwa keselamat adalah prioritas utama. Selalu #Cari_Aman dan hindari mengambil risiko yang tidak perlu dan pertimbangan yang baik saat memutuskan untuk melintasi banjir dengan motor. Jika memungkinkan, cari rute alternatif atau tunggu hingga air surut sebelum melanjutkan perjalanan” ungkap Muhamad Isnaini selaku Safety Riding Instructor Astra Motor Sumsel.(Ocha)

Komentar