Politisi PKB Apresiasi Kesuksesan Polri Kelola Arus Mudik-Arus Balik Lebaran 2023

Nasional322 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Kerja keras Polri merencanakan dan mengatur strategi arus mudik Lebaran 2023 dan arus balik perlu mendapat acungan jempol. Terlihat jutaan pemudik, baik melalui perjalanan darat, laut dan udara merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

“Tentu saja ini berkat kerja keras Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan seluruh jajarannya sehingga perlu mendapat apresiasi dari masyarakat,” kata Anggota Komisi III DPR, N M Dipo Nusantara di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Berdasarkan pantauan lapangan, arus mudik pada beberapa pelabuhan penyeberangan dan bandara terlihat lancar hingga puncak arus balik, pada Minggu (1/5/2023). Sinergi antara Polri, Kemenhub dan Pemda makin terkoordinasi dengan baik. “Arus mudik dan Lebaran 2023 ini, melonjak drastis jumlahnya, hal ini karena PPKM resmi dicabut, dua tahun tak ada mudik, jadi wajar ada kenaikkan signifikan,” ujarnya.

Baca Juga  Setetah Lebaran, Partai Gelora Gelar Konsolidasi Nasional Bahas Hasil Pemilu 2024 

Politisi PKB ini menambahkan sikap cepat tanggap polisi dalam mengantisipasi kemacetan dengan pemberlakuan one way dan contra flow mendapat respon positif para pemudik. “Bahkan ada kejadian pemudik yang tertinggal keluarganya di rest area, kemudian polisi mengantarkan untuk bertemu di rest area berikutnya,” katanya bangga.

Tidak hanya itu, Legislator dari Dapil NTT I ini menceritakan bagaimana aparat kepolisian mempersilahkan Pos Polisi sebagai lokasi istirahat dan menyediakan minuman bagi pemudik yang kelelahan. “Polri terlihat aktif memberikan petunjuk, keamanan dan kenyamanan bagi bagi pemudik,” ungkap aktivis Gerakan Pemuda Ansor.

Baca Juga  Ketua DPR Soroti Evaluasi Sistem Keamanan Transportasi di Arus Balik Tahun Baru 2024

Namun, belajar dari keberhasilan mengatur arus mudik dan arus balik, Dipo meminta agar Kepolisian tidak cepat berpuas diri dan terus meningkatkan kinerjanya. “Jangan mudah terlena dengan kepuasan yang telah diraih dan selalu waspada untuk terus bekerja lebih baik lagi,” tambah Dipo.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik di Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan 47% secara nasional dibandingkan dengan tahun sebelumnya.(MM)

Komentar