Pertama di Sumsel Muba Launching Dapur Kreasi Menu B2SA

Uncategorized412 Dilihat

Muba Sumselpost.co.id, – Sebanyak 30 peserta perwakilan dari 15 kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengikuti lomba Cipta Menu Beragam Gizi Berimbang dan Aman (B2SA) yang di selenggarakan Pemkab Muba yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan (DPP) Muba, bertempat di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba, Rabu (17/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi meresmikan (launching) Dapur Kreasi Menu B2SA Kabupaten Muba ditandai dengan pemukulan gong dan percobaan mencicipi menu Dapur Kreasi B2SA oleh siswa-siswi tingkat SD yang dihadirkan langsung pada acara tersebut.

“Sesuai dengan intruksi Gubernur Sumsel yaitu untuk mendukung Sumsel Mandiri Pangan Masyarakat Sumsel Sehat Aktif dan Produktif, oleh karena itu hari ini kita di KabuPaten Muba gerak cepat meresmikan Dapur Kreasi Menu B2SA, mudah-mudahan melalui peresmian ini akan tercipta generasi penerus di Kabupaten Muba yang berkualitas dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi seimbang,”ucapnya.

Baca Juga  Waduh, Setiap Tahun Kawasan Pasar I Muara Enim Jadi Langganan Banjir

PJ Ketua TP PKK Muba Asna Aini Apriyadi juga berpesan kepada pengurus Aspenku yang baru saja dilantik untik menjalankan amanah dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, terutama di bidang kuliner.

Istri Pj Bupati Muba ini juga menyebutkan, karena itu pula peran kaum perempuan sangat diandalkan utamanya para ibu untuk mengakampanyekan pangan beragam, bergizi dan berkualitas. Mulai dari pranikah, kehamilan harus sudah dilakukan bimbingan sebagai langkah memerangi stunting/gagal tumbuh demi menciptakan generasi yang aktif dan berkualitas.

“Jadi tepat sekali acara ini. Para ibu-ibu punya peran sangat besar menjadi teladan di tengah godaan banyaknya makanan cepat saji saat ini. Kedepan nantinya Dapur Kreasi Menu B2SA ini juga akan dilaksanakan di di tingkat kecamatan sampai ke desa-desa,” ujar Asna.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Aspenku Sumsel Bunda Rayya, yang melantik langsung Pengurus Asosiasi Pengusaha Kue dan Kuliner (ASPENKU) Kabupaten Muba Masa Bakti 2023 – 2026.
“Saya ucapkan selamat kepada pengurus Aspenku Kabupaten Muba yang telah dilantik, diharapkan untuk terus bersemangat dan senantiasa berinovasi dalam memajukan kuliner di Kabupaten Muba. Saya juga mengapresiasi Kabupaten Muba yang telah melaksanakan lomba cipta menu B2SA, semoga angka stunting dapat menurun dan tercipta generasi penerus di Muba yang berkualitas,”ujar Bunda Rayya.

Baca Juga  Remaja 14 Tahun Tewas dilindas Truk di Palembang

Sementara itu Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba Ali Badri ST MT menyampaikan, bahwa melalui lomba Cipta Menu B2SA ini diharapkan mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman, dengan komposisi gizi seimbang. Disamping itu pula untuk memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

“Saya mengharapkan kegiatan lomba cipta menu B2SA ini bukan sekedar acara seremonial saja tetapi menjadi pemicu kreativitas dan inovasi bagi ibu-ibu PKK/KWT/UMKM pangan khususnya dan masyarakat Muba pada umumnya, hal ini selaras dengan telah dilantiknya kepengurusan Aspenku Kabupaten Muba, sehingga dapat bermitra untuk mengembangkan pangan lokal yang bernilai komersial berupa oleh – oleh makanan khas Bumi Serasan sekate,”pungkasnya.

Baca Juga  Sekda Hadiri Halal Bihalal DMI dan Ormas Islam di Masjid Taqwa

Dipenghujung acara diserahkan bantuan sebesar Rp 15.000.000 secara simbolis kepada Kelompok Wanita Tani Tahap Pengembangan dan Pembinaan Tahun 2023 yakni kepada, Prasasti dari Desa Sidorejo Kecamatan Keluang, Mawar Putih dari Desa Pagar Kaye Kecamatan Sungai Keruh, Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang, Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Keruh, Desa Air Putih Ulu Kecamatan Plakat Tinggi dan Drsa Sido Rahayu Kecamatan Plakat Tinggi. (Ulandari)

Postingan Terkait

Postingan Terkait

Komentar