Pengajian Majelis Taklim Langgar Merdeka Membahas Tentang Bersiwak

Berita Utama696 Dilihat

Palembang Sumselpost.co.id – Majelis taklim langgar merdeka 35 ilir setiap malam kamis bakdah sholat maghrib mengadakan pengajian, diasuh oleh ustadz Nurul Iman.

Pada malam Rabu  (20/12/2023) membahas tentang bab bersiwak. Secara bahasa siwak adalah Addalku yang berarti menggosok, adapun secara istilah siwak artinya menggunakan atau menggosokkan kayu atau ujung baju pada gigi dan daerah sekitarnya untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

Nabi Muhammad SAW mensunahkan bersiwak, dalam hal ini ustadz Nurul Iman menjelaskan sebuah hadist, “Seandainya bersiwak tidak memberatkan ummatku, maka akan aku suruh ummatku menggunakannya.

Baca Juga  Tim Pemenangan Paslon Mgs  Ahmad Fauzan Yayan dan H Khalid Bersilaturahmi Ke Kantor Datuk DR. H. Ramli Sutanegara, SH., M.Si

Ustadz Nurul Iman menambahkan bahwa bersiwak itu banyak sekali faedah dan manfaatnya yaitu untuk membersihkan mulut, gigi, gusi, dan lidah ini dari segi zohirnya sedangkan dari segi batinnya dapat mengusir setan karena setan takut dengan kayu siwak tersebut.

Adapun ada sepuluh keutamaan bersiwak, antara lain ;
1. Allah ridho kepada orang yang bersiwak., 2. Setan takut dan marah kepada orang yang bersiwak., 3. Dapat membersihkan mulut., 4. Disukai Allah dan malaikat pencatat amal., 5. Dapat menghilangkan lendir yang ada dalam tenggorokan., 6. Dapat menguatkan gigi dan gusi., 7. Menyegarkan nafas., 8. Menghilangkan cairan yang tidak berguna.,9. Menguatkan pandangan mata., 10. Menghilangkan bau busuk di mulut.

Baca Juga  Pj Sekda Pagaralam Pimpin Rapat Penuntasan Rumah Tak Layak Huni

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Al Hakim, “Sholat yang didirikan diawali dengan bersiwak lebih baik nilainya 75 kali dibandingkan sholat yang didirikan tanpa bersiwak” wallahu aklam bishowab.

Demikian kajian tentang bersiwak yang dijelaskan oleh ustadz Nurul Iman di majelis taklim langgar merdeka.
(Kms. Sofyan Abdullah)

Komentar