Muda, DPR Tak Ragukan Kemampuan Dito Ariotedjo sebagai Menpora RI

Nasional620 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Dito Ariotedjo yang ditunjuk menjadi Menpora RI menggantikan seniornya Zainudin Amali, memiliki pengalaman yang luas di berbagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan, antara lain menjadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) 2016-2021.

“Sebagai wirausaha dan creativepreneur, Dito mendirikan berbagai lini bisnis mulai dari usaha bidang energi, pertahanan, coworking space, dan start-up. Sehingga dia bisa jadi role model bagi pemuda Indonesia,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hj. Hetifah Sjaifudian di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Senin (3/4/2023).

Di dunia keolahragaan, Dito pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina, menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta. Dito kini sedang menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023, bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Baca Juga  Komite I DPD RI Desak Kementerian ATR/BPN Perhatikan Pembangunan Tata Ruang Daerah

Selain itu lanjut Hetifah, meski berusia muda, Dito sudah memiliki pengalaman dengan dunia pemerintahan dan politik. Ia sudah lama aktif sebagai kader Golkar dan menjadi staff ahli termuda Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

“Jadi, kami tidak meragukan lagi kemampuan Dito dan semoga melalui komunikasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai elemen terkait, Menpora baru akan bekerja cepat dan melanjutkan hal-hal positif yang sudah dirintis Menpora sebelumnya,” pungkasnya.

Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang memutuskan mengundurkan diri sebagai Menpora setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Istana Negara, Jakarta pada Senin (3/4/2023).

Baca Juga  Muhaimin: Revisi UU Penyiaran Harus Serap Aspirasi Masyakarat dan Media

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26/P Tahun 2023 Tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju 2019- 2024 yang dibacakan oleh Sekretaris Mensesneg Setya Utama.

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Dito Ariotedjo.

“Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab,” demikian kata Dito mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut.

Pelantikan tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat negara, antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca Juga  Halal Bihalal, Pimpinan MPR RI Berterima Kasih kepada Ma'ruf Cahyono

Dito Ariotedjo dilantik menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri sebagai Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Zainudin Amali menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menpora pada 9 Maret 2023. Surat tersebut dia serahkan secara langsung kepada Mensesneg Pratikno.

Untuk menggantikan tugas Zainudin, Presiden Jokowi sempat menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.(MM)

 

Komentar