Menag Yaqut Cholil Qoumas Sambut Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb, Selama 4 Hari di Indonesia

Nasional123 Dilihat

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas pada Senin (8/7/2024) sore menyambut kedatangan Grand Syekh Al Azhar, Imam Akbar Ahmed Al Tayeb, di Bandara Soekarno Hatta. Kedatangan Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM) ini akan menjadi kunjungan yang penuh makna bagi Indonesia.

Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb tercatat tiga kali berkunjung ke Indonesia dalam satu dekade terakhir. Dua kunjungan pertama belangsung pada 2016 dan 2018. Dan, kunjungan kali ketiga ini, Imam Akbar Al Tayeb dijadwalkan akan berada di Indonesia selama empat hari, 8 – 11 Juli 2024.

Ikut menyambut Grand Syekh Al Azhar, Menteri Agama (1998) M Quraish Shihab, Plt Dirjen Pendidikan Islam Abu Rokhmad, Kepala Balitbang Diklat Kemenag Suyitno, serta Staf Khusus Menteri Agama, Abdul Rochman dan Wibowo Prasetyo.

Baca Juga  Muda, DPR Tak Ragukan Kemampuan Dito Ariotedjo sebagai Menpora RI

Nama lengkapnya Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb. Ia lahir pada 6 Januari 1946 di Luxor Provinsi Qina, sebuah kota yang terletak di tepi timur sungai Nil Mesir. Saat ini, Ath-Thayyeb menduduki jabatan Grand Syekh Al-Azhar atau Imam Besar Al-Azhar. Ath-Thayyeb memiliki garis nasab yang baik. Bahkan jika dirunut, nasab Ath-Thayyeb bersambung kepada Hasan bin Ali bin Abi Thalib.

Ayahnya Syekh Muhammad Thayyeb dan kakeknya Syekh Ahmad Thayyeb adalah seorang ‘aktivis.’ Mereka kerap kali mengadakan majelis perdamaian antarsuku di daerahnya. Sejak kecil hingga menjadi Grand Syekh Al-Azhar, Ath-Thayyeb sering menghadiri majelis yang digagas orang tuanya itu.

Baca Juga  Keamanan IT KPU Harus Diperkuat, Waspadai Sabotase Rekapitulasi Suara Pemilu

Ath-Thayyeb mendapatkan gelar Sarjana (1969), Master (1971), dan Doktor (1977) dari Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Program studi yang diambilnya pun linier yaitu Akidah dan Filsafat. Kemudian dia melanjutkan studi ke Universitas Sorbonne Paris dan mendapatkan gelar Philosophy of Doctor (Ph.D) dalam bidang Filsafat Islam (1977-1988).

Agenda Kunjungannya

Selama di Indonesia, Syekh Al Tayeb dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden RI di Istana Negara, menyampaikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, serta mengadakan diskusi dengan tokoh lintas agama.

Selain itu, ia juga akan bertemu dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Pengurus Pusat Muhammadiyah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan Pusat Studi Al-Qur’an.

Baca Juga  Paripurna Ke-11 Tahun 2022-2023, DPD RI Berharap Penyelenggaraan Ibadah Haji Tertib dan Nyaman

Melansir muslimelders.or.id Grand Syekh Al-Azhar yang juga Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM), sebelum tiba di Indonesia, berkunjung terlebih dahulu ke Thailand Ahad (7/7/2024).

Di negara tersebut, ia menerima duta besar dari negara-negara Islam dan Arab. Ia mengutarakan keinginannya untuk mendengarkan dan mempelajari lebih banyak tentang kondisi komunitas Arab dan Muslim di Thailand.(MM)

 

Komentar