Koalisi Ojol Palembang Deklarasi Pemilu Damai 2024

Berita Utama1037 Dilihat

Palembang Sumselpost.co.id – Puluhan kelompok Ojol yang tergabung di Koalisi Ojol Palembang mengajak masyarakat menjaga kedamaian pada Pemilu 2024 mendatang. Bertempat di Cafe Hotel Swarna Dwipa jalan Tasik No.2 Palembang.

Dihadapan ratusan komunitas Ojol, ketua Pelaksana Sandi Aulia mengatakan, ada puluhan ribu Ojol di kota Palembang, sudah barang tentu memiliki andil dan potensi besar untuk menjaga situasi kondusif kota Palembang.

Selama ini Ojol bersinggungan langsung dengan masyarakat. “Mereka bisa menjadi agen perdamaian Pemilu. Sepanjang jalan pasti mengobrol dengan penumpangnya, nah mereka bisa mengobrol dengan memberikan pesan perdamaian,” Urai Sandi Aulia usai Deklarasi Pemilu Damai. Minggu. (27/8/2023).

Selain mengajak Ojol menjadi salah satu kelompok masyarakat penjaga perdamaian Pemilu. Sandi Aulia juga mengimbau mereka (Ojol) agar tak terpancing informasi hoak atau bohong.

Baca Juga  Nikmati Liburan Bersama Keluarga Di Mega Billiard, Dengan Harga Terjangkau

“Kita harus kroscek dulu kalau dapat informasi. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan karena adanya berita hoak, karena ada saja pihak-pihak yang sengaja menciptakan suasana tidak kondusif ” Harapnya.

Kegiatan Deklarasi dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin dan M. Hasbi Komisioner bidang Hukum Bawaslu Kota Palembang. Perwakilan TNI dan Polri Serta Perwakilan dari Pemerintah Kota Palembang.

Dalam pesannya, Ketua KPU Kota Palembang mengajak seluruh Ojek Online menjadi salah satu elemen penggerak perdamaian pada Pemilu 2024 mendatang.
Masih menurut ketua KPU Syawaludin. ia mengatakan sejauh ini tak ada potensi kerawanan pemilu di Palembang. Namun lanjut dia, pihaknya intens mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk merawat situasi kondusif di kota Palembang.

“Sejauh ini aman, dan sudah barang tentu kita berkerjasama dengan pihak ke Polisian dan TNI serta Pemerintah.

Baca Juga  Upaya Kapolda Sumsel Berantas Ilegal Drilling Belum Tercapai

Tidak ada potensi apa-apa, Insya Allah kita sama-sama menjaga keharmonisan sebagai warga kota palembang. KPU Palembang adalah wajah dari kesuksesan pelaksanaan pesta Demokrasi di 16 Kabupaten/Kota se-Sumsel, jadi janganlah kita berpecah belah walaupun berbeda pilihan,” Pinta Syawaludin.

Di tempat yang sama, M.Hasbi Komisioner Bawaslu Kota Palembang, mengapresiasi ide Ojol Palembang terkait Deklarasi perdamaian Pemilu 2024. Hasbi tak menampik setiap kali Ojol bekerja pastilah bersinggungan langsung dengan penumpang. Hal itu lanjut dia, bisa dimanfaatkan untuk menebar pesan perdamaian.

“Terimakasih rekan -rekan dari komunitas Ojol Kota Palembang, Bagus sekali programnya. Kita jangan sampai membuat provokasi, kita harus saling menghargai. Kita bisa tularkan pesan damai ini ke penumpang kita dan masyarakat kota Palembang secara luas,” Harapnya.

Lanjut Hasbi, Bawaslu akan senantiasa menindak lanjuti setiap laporan yang masuk ke lembaganya, baik itu skala kecil ataupun besar.

Baca Juga  Usai Sidang TACB Nasional di Surabaya, Makam SMB II Berhasil Jadi Cagar Budaya Nasional

“Bagi kami laporan masyarakat sama derajatnya, Kami akan selalu bertindak cepat apabila ada laporan kecurangan menjelang gelaran ataupun dalam pelaksanaan pemilu 2024 nanti, untuk itu marilah kita sekuat tenaga menjaga supaya tidak ada pelanggaran berarti dan menjaga etika dalam berprilaku politik.

Alhamdulillah rekan-rekan Ojol di Kota Palembang telah lebih dahulu menyikapi apa yang kita khawatirkan. Selama ini memang baik-baik saja tapi memang perlu dijaga, kita kampanyekan kebaikan,” Tutup Hasbi. (JN)

Komentar