Ketua BKSAP Melakukan Pertemuan Bilateral dengan Dubes Tiongkok

Nasional315 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dr. Fadli Zon menerima kunjungan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Yang Mulia Lu Kang di Fadli Zon Library, Jakarta. Pertemuan tersebut merupakan lanjutan dari pertemuan pertama antara keduanya beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut keduanya berdiskusi mengenai tindak lanjut rencana peningkatan hubungan bilateral antara DPR RI dengan Parlemen Tiongkok. Dalam kunjungannya, Duta Besar Lu Kang juga berkesempatan melihat koleksi Fadli Zon Library antara lain koleksi benda-benda bersejarah milik para tokoh bangsa Indonesia, buku-buku kuno, pusaka berupa keris dan tombak, serta benda-benda seni seperti lukisan dan patung yang seluruhnya merupakan koleksi pribadi Ketua BKSAP.

“Dari sejumlah artefak arkeologis di Fadli Zon Library, terbukti hubungan Tiongkok dan Nusantara telah berlangsung ratusan tahun bahkan ribuan tahun lalu,” demikian Fadli Zon, Jumat (26/1/2024).

Menurut Fadli, peningkatan hubungan bilateral antara DPR RI dengan parlemen Tiongkok sendiri, merupakan bagian dari tugas BKSAP DPR RI sebagai pelaksana diplomasi parlemen, sesuai dengan yang telah diamanahkan oleh Undang-Undang.

Sejauh ini BKSAP DPR RI telah membentuk 102 grup kerja sama bilateral antara DPR RI dengan parlemen negara-negara sahabat dalam rangka penguatan diplomasi negara. “Baik DPR RI maupun parlemen Tiongkok berperan aktif dalam forum-forum parlemen regional seperti Asia-Pacific Parliamentary Forum (APPF), maupun organisasi Parlemen Dunia, Inter-Parliamentary Union (IPU). Parlemen Tiongkok juga merupakan peninjau di organisasi parlemen ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA),” ujarnya.

Baca Juga  Sultan Minta Pemerintah Tak Tergesa-Gesa Bawa RI Gabung OECD

Fadli Zon mengatakan, bahwa sebagai negara yang menganut politik luar negeri bebas aktif, sudah sewajarnya jika Indonesia mengembangkan hubungan bilateral dengan Tiongkok. “Indonesia dan Tiongkok telah menjalin kerja sama dalam berbagai bidang di level eksekutif. Menurutnya, DPR RI juga perlu memperkuat hubungan bilateral dengan parlemen Tiongkok dalam rangka memperkokoh diplomasi negara. Pada prinsipnya, Indonesia membuka komunikasi dan menjalin hubungan baik dengan siapa saja, dilandasi oleh saling menghargai dan menghormati.

Baca Juga  Jemaah Haji Asal Jawa Barat yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai Duta Besar Lu Kang sangat menghargai koleksi buku, majalah, manuskrip, numismatik, filateli dan sejumlah koleksi langka perjalanan peradaban Nusantara yang tersimpan di Fadli Zon Library.(MM)

Komentar