Jokowi Didampingi Prabowo Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Gempa Turki dan Suriah

Nasional605 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, mendampingi Presiden RI Joko Widodo memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (21/2).

Ini merupakan bantuan tahap ketiga berupa logistik, dan akan dikirimkan dengan menggunakan empat pesawat masing – masing dua pesawat untuk tiap negara.

Dalam keterangan pers, Jokowi mengatakan bantuan kemanusiaan akan terus dikirimkan oleh Indonesia. Hari ini Indonesia kembali mengirimkan bantuan ke Turki dan Suriah dengan total berat 140 ton berupa bahan makanan, pakaian dan bahan logistik lainnya dengan empat pesawat.

Baca Juga  Masyarakat Optimis Pemilih Muda akan Bawa Perubahan di Pemilu 2024

“Kita juga sudah mengirim Tim SAR, Tim Medis, rumah sakit lapangan serta pesawat Hercules yang sangat membantu proses evakuasi korban pada masa awal pasca terjadinya bencana gempa di Turki dan Suriah. Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini dapat membantu saudara-saudara kita di sana,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI pada Sabtu (11/2) dari Lanud Halim Perdanakusuma.

Baca Juga  Fahri Hamzah Minta Presiden Keluarkan Perppu Alihkan Peradilan Pajak Ke MA

Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personil Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.

Selain Prabowo, turut mendampingi Jokowi saat melepas keberangkatan, Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto serta Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi.(MA)

Komentar