Jangan Asal Boncengan, Ini 7 Tips #Cari_Aman bagi Penumpang Sepeda Motor

SumselPost.co.id. Palembang,- Sepeda motor menjadi moda transportasi pilihan masyarakat Indonesia untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Baik itu berkendara sendiri maupun bersama orang lain. Namun, ketika berboncengan tentu tidak boleh sembarangan agar aman sampai tujuan.

Posisi duduk yang kurang tepat terkadang membuat penumpang tidak dapat mengantisipasi potensi bahaya saat menaiki sepeda motor. Hal tersebut dapat berakibat cedera fatal jika terjadi kecelakaan.

Astra Motor Sumsel membagikan tips bagaimana #Cari_Aman ketika menjadi penumpang sepeda motor:

1. Gunakan perlengkapan berkendara
Baik pengendara atau pembonceng memiliki risiko yang sama, sehingga disarankan bagi pengendara dan penumpang wajib menggunakan perlengkapan berkendara lengkap.

2. Sesuaikan postur berkendara dengan kendaraan
Contohnya bila ingin berboncengan, pastikan bahwa berat badan pengendara dan penumpang masih masuk dalam batas maksimal kemampuan loading dari kendaraan. Jika melebihi batas kempuan kendaraan, maka dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan dan berpotensi terjatuh.

Baca Juga  Korban Pemerkosaan Anak Dibawah Umur di Banyuasin Lapor Ke DPRD Sumsel

3. Membonceng dengan menghadap ke depan lebih aman
Posisi paling aman adalah penumpang duduk di belakang pengendara dengan posisi tubuh lurus menghadap ke depan. Agar keseimbangan sepeda motor akan lebih terjaga.

4. Perhatikan pakaian & pegangan bila harus duduk menyamping
Terkadang ada situasi di mana penumpang harus duduk menyamping. Berikut hal yang perlu diperhatikan:
– Pastikan tidak ada kain dari rok, celana atau pakaian yang terurai karena berpotensi tersangkut pada rantai dan dapat berakibat fatal.
– Saat membonceng samping, akan ada sugesti seperti akan jatuh ketika motor menikung ke arah berlawanan sehingga harus dipastikan penumpang berpegangan erat dan tidak menimbulkan pergerakan secara tiba-tiba yang dapat mengganggu keseimbangan.

Baca Juga  Polda Sumsel, Tangkap Pelaku Sebar Video Bugil Mantan Pacar

5. Peluk atau pegang sedikit jaket pengendara
Tujuannya agar pergerakan penumpang searah dan selaras dengan pengendara. Jika gerakannya tidak selaras, dapat menggangu keseimbangan dari sepeda motor dan berpotensi terjatuh.

6. Letakkan kaki diatas pijakan penumpang
Hal ini juga untuk menjaga keseimbangan pengendara dan motor ketika menikung. Jika posisi kaki tergantung, maka pinggul penumpang dapat bergeser ke kiri atau kanan saat menikung.

7. Jangan mengganggu konsentrasi pengendara
Salah satunya dengan tidak bercanda atau melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi pengendara ketika berboncengan.

Tomy Haryanto selaku Community & Safety Riding Advisor Astra Motor Sumsel menyatakan bahwa #Cari_Aman dapat terwujud jika penumpang dapat turut memperhatikan aturan berkendara.

Baca Juga  Tandatangani MoU, Pemkab Muba Gandeng PTUN Palembang

“Penumpang juga harus paham aturan dan menerapkan #Cari_Aman. Dari tips yang telah kami berikan, semoga dapat membantu penumpang motor lebih memahami bagaimana berkendara dengan aman serta nyaman bersama pengendaranya ,” ujarnya.( Ocha rilis)

Komentar