Halal Bihalal, Jokowi-Iriana Silaturahmi ke Megawati

Nasional510 Dilihat

JAKARTA, SumselPost.co.id – Suasana kekeluargaan dan persaudaraan mengiringi kehadiran Presiden RI Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berkunjung ke kediaman Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof.Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023).

Kunjungan Jokowi dan Iriana tersebut merupakan kunjungan silaturahmi dan ber-halalbihal di tengah suasana Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Megawati sudah menunggu kehadiran Jokowi dan Iriana di bagian depan kediamannya. Di depan teras, Megawati didampingi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Mobil yang membawa presiden dan ibu negara masuk halaman, Jokowi turun dan langsung menyalami Megawati. Selanjutnya Ibu Negara Iriana berpelukan dan mencium pipi Megawati. Jokowi dan Iriana pun lanjut menyalami Hasto. Setelah itu, Megawati mempersilahkan Jokowi dan Iriana memasuki ruang tamu untuk berbincang

Baca Juga  DPR: Pertandingan Indonesia Vs Argentina Momentum Kebangkitan Sepak Bola Nasional

“Ibu Megawati menerima kehadiran Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di tengah masih suasana Lebaran, ber-halalbihalal di kediaman Bu Mega pada hari ini,” kata Hasto.

Menurut Hasto, tradisi halalbihalal merupakan peringatan Idul Fitri yang sangat khas Indonesia. Dari sejarahnya, halal bihalal merupakan upaya yang digagas Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Wahab Chasbullah bersama Bung Karno di tahun 1948 untuk mencairkan suasana politik saat itu. Halal bihalal merupakan upaya mempererat persatuan dan persaudaraan.

Baca Juga  Hadiri Rakernas PAPDESI Bareng Ganjar, Puan Tegaskan Komitmen DPR untuk Revisi UU Desa

Semangat itupun sangat tampak dan terasa di dalam pertemuan antara Megawati dengan Jokowi-Iriana tersebut. “Saling maaf memaafkan, saling bersilaturahim dan membangun semangat persaudaraan. Sebuah teladan baik bagi seluruh umat manusia pada umumnya dan rakyat Indonesia pada khususnya,” jelas Hasto.

Tentu saja suasana yang indah itu juga dipengaruhi oleh momentum politik nasional yang terjadi pasca keputusan PDIP menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Hasto menjelaskan, Megawati dan Jokowi tampak sangat akrab berbincang mengenai dinamika politik terkini pasca diumumkannya pencapresan Ganjar.

Baca Juga  Capres, KIB Patut Kompromikan Kekuatan Golkar dan Kehendak Jokowi

“Jadi meski suasana Lebaran, kedua pemimpin tersebut berada dalam suasana yang akrab, juga berbincang-bincang mengenai dinamika politik pasca penetapan capres Ganjar Pranowo. Semua nampak bergembira,” ungkap Hasto.

Hasto menambahkan pertemuan berlangsung selama satu jam. Usai pertemuan, Megawati didampingi Hasto melepas Jokowi dan Iriana.(MM)

Komentar