DPR Mendukung dan Apresiasi Anugerah Juranlistik III Wartawan Parlemen

Nasional297 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman dari Fraksi Gerindra berharap agar kegiatan “Anugerah Jurnalistik (AJK) dan Pameran Foto Warna-Warni Parlemen” ini terus mendapat dukungan dari Kesekjenan DPR RI, karena kerja-kerja jurnalistik ini dampaknya sangat besar bagi masyarakat. Apalagi kalau DPR kerja biasa-biasa saja tak akan dipethatikan, sehingga kerjanya harus luar biasa. Dan, kerja-kerja jurnalistik ini membuktikan bahwa DPR RI ini sudah bekerja untuk rakyat.

“Jadi, ke depan kerja-kerja wartawan di DPR RI ini harus mendapat dukungan dari kesekjenan DPR RI secara maksimal agar dalam menjalankan tugasnya di DPR RI ini lebih baik dan lebih profesional lagi, dan ini sudah luar biasa. Karena itu, DPR mendukung kegiatan ini untuk dilanjutkan ke depan. Kerja-kerja media yang obyektif, independen dan penuh integritas. Ini sangat membantu menaikkan marwah parlemen secara keseluruhan,” tegas Habiburokhman.

Hal itu disampaikan politisi Gerindra itu saat membuka acara “Anugerah Jurnalistik III dan Pameran Foto Warna-Warni Parlemen ke-13” tahun 2023 di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu (12/7/2023). Hadir Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Ariawan, dan para wartawan.

Baca Juga  Sultan Minta Pemerintah Cabut Penghargaan Satyalancana Ketua Pengawas KSP-SB Iwan Setiawan

Habiburokman mengaku bangga dengan foto yang dipasang dalam pameran foto kali ini, saat dirinya menjadi lawyer DPR RI di Mahkamah Konstitusi (MK). “Jadi, kita difoto bergandengan tangan, itu mencerminkan kesatuan, meski banyak berbeda pendapat ketika rapat kerja di DPR RI. Dengan foto di MK itu sudah menunjukkan makna yang lebih dari 1000 kata, narasinya luar biasa. Untuk itu, saya apresiasi kerja-kerja wartawan ini,” tegas Habiburokhman.

Indra Pahlevi sendiri mengucapkan terima kasih kepada KWP yang telah menggelar kegiatan ini. “InsyaAllah kami akan terus mendukung, dan sangat mendukung kalau nanti para wartawan turut menyukseskan beberapa kegiatan DPR RI seperti AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly) pada 5 Agustus, dan sidang tahunan 16 Agustus mendatang,” ungkapnya.

Menurut Indra, mengingat media berfungsi untuk menjembatani informasi anggota DPR dengan konstituennya dan bisa menjadi wadah untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap informasi serta berbagai penyalur aspirasi masyarakat, dan anugerah jurnalistik 2023 ini menjadi salah satu upaya untuk memperkuat sinergi antara DPR dengan media massa yang tergabung dalam KWP sekaligus mengapresiasi kerja-kerja para wartawan.

Baca Juga  Resmikan GOR Bung Karno Sukoharjo, Puan Ikut Bermain Bulu Tangkis dengan Atlet

Karena itu lanjut Indra, harus ada semacam trigger, motivasi untuk tidak sekadar meliput kegiatan di DPR RI, melainkan ada hal-hal yang bisa dilombakan dalam mengabarkan semua yang baik yang terjadi di DPR ini, demi tercapainya keutamaan informasi kedewanan kepada masyarakat.

Selain itu, pada tahun 2024 mungkin anugerah ini bisa lebih besar lagi, lebih baik lagi, dan lebih menggaung lagi, meski pada tahun politik pemilu 2024 nanti. Namun, menjelang akhir periode 2019-2024 akan lebih baik kalau ada semacam dokumentasi yang komprehensif dalam kurun waktu satu periode keanggotaan DPR tersebut.

“Kalaedoskop untuk masa akhir jabatannya, sehingga pada tahun 2024 nanti. Kita akan support teman-teman wartawan untuk kalaedoskop terkait kiprah DPR RI periode 2019-2024 itu sebagai kado dari KWP sekaligus memberitahukan kepada seluruh anggota DPR RI juga sebagai hasil kerja-kerja DPR RI untuk rakyat,” pungkasnya.

Baca Juga  Kelompok LGBT Mau Kumpul di Indonesia, Hilmy Muhammad Minta Tutup Semua Akses dan Perizinan

Ketua KWP 2022-2024 Ariawan mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang, dan mengapresiasi seluruh wartawan yang telah berpartisipasi dalam anugerah jurnalistik III ini.

“Ini menunjukkan soliditas sebagai wartawan Parlemen, tergambar lewat kegiatan seperti ini. Kegiatan positif seperti Ini sebisa mungkin terus berlanjut,” kata Ariawan.

Berikut pemenang AJK III KWP Tahun 2023:

1. Ghivari Apriaman Z (Law Justice.co)
2. Akmal Irawan (MNC Trijaya)
3. Asep Subagyo (Lampu Hijau.co.id)

Nominsasi:
1 Andoes Simbolon (Beritabuana.co), 2 Irandi Kasmara (Rm.id), 3 John Oktaveri (Koransatu.id), 4 Daniel Dedy Darsoni (Jakartanews.id), 5. Faisal Aristama (RMOL.id), 6 Sugandi (Realitarakyat), 7. Saktia Andri Susilo (Suaramerdeka.com).(MM)

Komentar