Didampingi SMB IV,  Bupati Halmahera Selatan Buka Festival Marabose 2023

Berita Utama428 Dilihat

Palembang, Sumselpost.co id – Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn berserta rombongan dari Kesultanan Palembang seperti diantaranya R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Kemas A. R. Panji,

dan anggota DPRD Palembang Hibanni bersama Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik dan istrinya Eka Dahliani Abusama, membuka  Festival Marabose 2023, Selasa (8/8). Rombongan sempat dibawa ke stand paguyuban Kesultanan Bacan untuk mencicipi makanan khas Bacan.

Festival kebudayaan yang berlangsung di area UMKM Milenial, Desa Tembal, Kecamatan Bacan Selatan ini resmi dibuka.

Dalam pembukaan, item kegiatan yang lebih dulu dilaksanakan adalah Expo Kuliner. Di mana, terdapat puluhan paguyuban dari berbagai etnis di Halmahera Selatan, masing-masing menampilkan makanan khas mereka.

Makanan-makanan tersebut, satu persatu dicicipi Bupati Halmahera Selatan dan tamu VIP lainnya termasuk  SMB IV dan rombongan.

Di tempat lain, Wakil Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba, menjemput rombongan napak tilas Sultan Bacan pertama, di Pelabuhan Habibi, Desa Labuha, Kecamatan Bacan.

Baca Juga  Ketua DPP Ormas Bersalju, Berbagi Paket Sembako di Kelurahan Tungkal Muara Enim

Dalam napak tilas ini, perangkat ada Kesultanan Bacan mengulangi kembali perjalanan Sultan Bacan pertama Said Muhammad Al Bakir.

Mereka memulai perjalanan Said Muhammad Al Bakir dari Desa Dauri, Pulau Makian hingga ke Labuha, Pulau Bacan.

Dalam perjalanan tersebut, perangkat adat melaksanakan ritual di beberapa temlat yang pernah disinggahi Sultan saat perjalanan kemaritiman.

Tempat yang disinggahi ketika bertolak dari Desa Dauri Pulau Makian, yaitu Desa Talimau Pulau Kayoa, Boki Maake dan Ompuasal di Pulau Kasiruta.

Baca Juga  Jembatan Gantung Putus Akses Masyarakat Empat Petulai Dangku Muara Enim Lumpuh

Perangkat adat kemudian bertandang ke Kadatan Kesultanan Bacan, Desa Labuha, Kecamatan Bacan, saat tiba di Pelabuhan Habibi.

Komentar