Di Tiongkok, Puan Berdiskusi dengan Anggota Parlemen Chengdu Sambil Dijamu Minum Teh

Nasional140 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Dalam kunjungan kerjanya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Ketua DPR RI Puan Maharani bertandang ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) distrik Chengdu. Puan pun berkesempatan untuk berdiskusi dengan anggota parlemen Chengdu, kota di Tiongkok yang kaya akan situs-situs bersejarah.

Hal tersebut dilakukan Puan beserta rombongan delegasi DPR RI saat berkunjung ke kantor Deputies to People’s Congreseses atau parlemen Chengdu, Kamis (30/5/2024).

Di awal kedatangannya, Puan sempat diajak untuk tur di kantor parlemen Chengdu. Selama berkeliling, Puan didampingi oleh Ketua Parlemen Chengdu bernama Wang Wen yang merupakan perwakilan dari Chunxi Road. Adapula perwakilan pejabat dari Pemerintahan daerah setempat yang ikut mendampingi.

“Terima kasih atas sambutan hangatnya untuk kami di Chengdu, kota yang kaya akan histori serta dinamis karena memiliki perpaduan kehidupan modern dan tradisionalnya,” kata Puan kepada anggota parlemen Chengdu yang menyambut Delegasi DPR RI.

Setelah melakukan tur di DPRD Chengdu, Puan lalu dijamu minum teh di Tea House yang berada di kompleks kantor parlemen Chengdu. Tea House tersebut disediakan oleh parlemen Chengdu bagi masyarakat setempat yang ingin melakukan diskusi bebas.

Baca Juga  Tanam Ribuan Mangrove dan Bersih-Bersih Pantai Tandai Dimulainya Puncak Hari Santri 2023

Adapun jamuan minum teh merupakan tradisi warga Chengdu untuk menyelesaikan perselisihan. Jamuan minum teh juga semakin menarik karena adanya pertunjukan tari tradisional yang biasa ditampilkan saat ada tamu undangan.

“Semua anggota Deputies to People’s Congreseses (DPRD) Chengdu harus melaporkan kerjanya kepada rakyat dengan tatap muka,” jelas Wang Wen dalam diskusi bersama Delegasi DPR RI.

Puan tampak terlibat diskusi yang cukup seru dengan anggota parlemen Chengdu. Delegasi DPR RI bersama anggota parlemen Chengdu berbincang mengenai isu-isu legislasi, pengawqsan hingga peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam kesempatan tersebut, dua anggota Parlemen perempuan Chengdu bernama Li Wei dan Li Xiaoli berbagi pengalaman terutama mengenai perempuan dalam politik di Tiongkok. Mereka bercerita tentang proses pemilihan sebagai anggota dewan legislatif.

Puan pun turut bercerita tentang isu kesetaraan gender di Indonesia. Termasuk soal perjuangan peningkatan partisipasi perempuan dalam politik. Kepada anggota parlemen Chengdu, ia mengungkapkan tentang terus meningkatnya anggota parlemen perempuan di Indonesia.

Puan mengatakan, pada periode 2019–2024 ini, DPR RI memiliki 124 anggota perempuan yang mewakili sekitar 21,5% dari total 575 kursi. Puan menyebut, jumlah tersebut meningkat hampir 4% dari periode sebelumnya.

Baca Juga  Soal Hapus Skripsi, Puan Sebut Sebagai Bentuk Merdeka Belajar

“Pada 14 Februari 2024 lalu, Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum legislatif. Jumlah calon anggota legislatif perempuan secara nasional mencapai 37% dari keseluruhan calon yang berasal dari 18 partai politik,” jelas mantan Menko PMK ini.

“Proporsi ini juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dari pemilu sebelumnya di tahun 2019,” imbuh Puan.

Lebih lanjut, Puan menyatakan Indonesia memiliki komitmen besar terhadap pemberdayaan perempuan. Hal itu terbukti dengan semakin banyaknya pemimpin dan pemangku kebijakan perempuan di Indonesia. Bahkan Indonesia juga pernah memiliki presiden perempuan, dan kini ketua DPR perempuan.

Puan menyebut, komitmen itu diterjemahkan ke dalam berbagai kerangka kebijakan dan berbagai aksi konkret di Indonesia. “Rencana Aksi Nasional Kesetaraan Gender 2020-2024 telah menjadi peta jalan untuk memajukan kesetaraan gender di berbagai sektor di Indonesia, termasuk politik,” ungkapnya.

Selain ke kantor parlemen, Puan juga berkesempatan mengunjungi Museum Chengdu yang merupakan museum kota terlengkap terbesar di Tiongkok Barat Daya. Lokasi museum tidak jauh dari kantor parlemen Chengdu.

Dari museum itu, Puan mempelajari perkembangan kota Chengdu yang sedang berkembang pesat. Ia juga melihat sejarah peradaban Kota Chengdu.

Baca Juga  Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler yang Lunasi Biaya Haji 2024

“Saya senang bisa datang ke Chengdu, kota dengan simbol harmoni antara alam, spiritualisme, riset dan pembangunan. Tentunya hal ini dapat menjadi landasan kerja sama dengan berbagai provinsi di Indonesia,” ujar Puan.

Dalam kunjungan kerja ke RRT, Puan didampingi oleh sejumlah anggota DPR di antaranya Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, dan Wakil Ketua BURT DPR RI Dede Indra Permana.

Juga Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi, Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti, dan Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu.(MM)

Komentar