Citra Positif DPR RI Meningkat dan Tertinggi, Puan Berkomitmen Wujudkan Kedaulatan Rakyat

Nasional149 Dilihat

JAKARTA,SumselPost.co.id – Kepercayaan masyarakat terhadap lembaga DPR RI meningkat tajam. Bahkan, peningkatan apresiasi positif publik terhadap lembaga yang dipimpin Puan Maharani ini paling tinggi di antara lembaga negara lainnya.

Menurut hasil survei Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024, kepercayaan masyarakat pada DPR ada di angka 62,6 persen. Meski bukan jadi yang pertama, lembaga wakil rakyat ini tercatat mampu meningkatkan citra positif paling tinggi, yakni sebanyak 12,1 persen dibanding tahun sebelumnya. Bahkan peningkatan citra DPR ini mengalahkan TNI yang berada di urutan pertama.

Baca Juga  PAN Sebut Pikiran Anies Terbalik dan Mundur Soal IKN Pindah ke Hutan

Sebelumnya, pada Desember 2023, Litbang Kompas mencatat citra positif DPR sebesar 50,5 persen. Sementara pada Oktober 2022, menurut lembaga yang sama, citra DPR ada di angka 44,4 persen. Artinya, terdapat tren positif apresiasi masyarakat kepada DPR dari tahun ke tahun selama dipimpin Puan dan kawan-kawan.

“Alhamdulillah, apabila rakyat dapat merasakan hasil kerja gotong royong seluruh elemen di DPR,” kata Puan di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga  Dalam Rapat Paripurna DPR RI BPK Sampaikan Ketidakpatutan Keuangan Negara Rp25,85 T

Puan menegaskan, DPR akan terus berkomitmen untuk menjalankan kedaulatan rakyat dengan penuh dedikasi.
“Hasil survei Ini akan jadi sumber semangat DPR ke depan untuk lebih baik lagi,” ujarnya.

Seperti diberitakan, lembaga negara yang mendapat citra positif menurut survei Litbang Kompas berturut-turut adalah TNI (89,8%), Polri (73,1%), DPD (68,6%), Kejaksaan (68,1%), MA (64,8%), DPR (62,6%), MK (61,4%) dan KPK (56,1%).

Survei ini dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden dengan penarikan sampel acak sederhana, margin error +/- 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.(MM)

Komentar