CAMAT KEMUNING LUNCURKAN INOVASI “PENGLARIS” DAN “SAMBAL TERI”

SumselPost.co id. Palembang, – Ciptakan pelayanan publik yang cepat dan efisien, Camat Kemuning Kota Palembang, Dr. Amiruddin Sandy, S.STP.,M.Si, luncurkan inovasi terbaru, yakni “Penglaris” dan “Sambal Teri”.

Peluncuran inovasi ini sekaligus diadakannya lomba masak pempek kapal selam antar pegawai, bertempat di Aula Kantor Camat Kemuning, Hari Rabu (26/6/2024).

Camat Kemuning, Dr. Amiruddin Sandy, S.STP.,M.Si, mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memeriahkan ulang tahun Kota Palembang ke 1341 Tahun 2024.

“Kami berinisiatif dalam rangka ulang tahun Kota Palembang, mengadakan lomba masak pempek kapal selam, sekaligus melaunching inovasi terbaru dari Kecamatan Kemuning, yaitu Penglaris dan Sambal Teri”, kata Amir dalam sambutan nya.

Baca Juga  Presidium RL2 Ikuti Jejak CDOB Gelumbang

Inovasi “Penglaris” ini singkatan dari Pojok Edukasi Bidang Layanan Konsultasi Waris, yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengurus dan mendapatkan informasi tentang surat waris.

“Pengurusan Surat Pernyataan Waris di Kecamatan Kemuning ini cukup banyak, dan masyarakat perlu diberikan edukasi dan ruang untuk berkonsultasi, mengingat perihal waris ini termasuk kategori sensitif, dan tergolong surat berharga”, tegas Amir.

Sementara itu, inovasi “Sambal Teri” adalah singkatan dari Sistem Layanan Berbasis Elektronik Cepat Bebas Antri, yang menggunakan sarana Aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi secara otomatis dengan warga yang ingin berurusan.

Baca Juga  Buka Masa Sidang DPR, Puan Tegaskan Pembahasan UU Tak Akan Terganggu Agenda Pemilu

Melalui pesan Whatsapp ini warga dapat mengirimkan berkas persyaratan, sehingga tidak perlu mengantri di Kecamatan dan kelurahan. Apabila berkas yang diurus sudah selesai, maka warga tinggal datang dengan membawa dokumen asli.

“Sekarang ini era digitalisasi, dan pelayanan publik harus menyesuaikan. Pelayanan berbasis elektronik saat ini menjadi keharusan, dan kami berharap melalui inovasi “Sambal Teri” ini mudah-mudahan dapat membantu masyarakat, sehingga pelayanan lebih cepat, mudah,dan efisien”, tambah Amir.

Salah Satu warga Kelurahan Talang Aman Kemuning, Farida (54) menyambut baik inovasi ini, dan berharap pelayanan kecamatan kemuning jadi lebih baik kedepannya. (Ocha)

Komentar